Perpustakaan Keliling, Lionel Bowen Library, Sydney, Australia

Kali ini saya ingin sedikit berbagi kisah tentang layanan Perpustakaan Keliling di salah satu perpustakaan di New South Wales, Australia. Namanya Lionel Bowen Library (disingkat Bowen Library) yang merupakan bagian dari Randwick City Library (Perpustakaan Kota Randwick), kalau di Indonesia mungkin semacam perpustakaan Kabupaten atau Kota. Saya menjadi anggota perpustakaan ini, selama 2 tahun lebih, selain menjadi anggota perpustakaan di kampus University of New South Wales (UNSW). Kalau soal koleksi, tentu perpustakaan kampus UNSW  jauh lebih banyak koleksinya, karena gedungnya saja terdiri dari 14 lantai, sementara perpustakaan kota Randwick hanya tiga lantai.  Namun, sebagai perpustakaan kota, disini koleksinya lebih variatif, banyak majalah populer, buku fiksi, CD musik dunia, DVD film layar lebar, bahkan papan caturpun serta mainan anak anak tersedia untuk bisa dipinjam oleh pemustaka. Sementara perpustakaan kampus, kebanyakan koleksinya lebih cenderung ke non-fiksi dan lebih ilmiah. Majalah yang adapun majalah ilmiah, meskipun ada juga koleksi fiksi dan majalah populer lainnya.  


Bahan pustaka apa sajakah yang dibawa oleh mobil perpustakaan keliling? Tergantung pesanan para pemustaka khusus itu. Biasanya ada berbagai jenis, ada buku buku fiksi (Novel), buku buku informasi, majalah populer, Audio-book, CD, DVD, Video Kaset, buku cetakan besar (large print books), dan bahan pustaka dalam bahasa lain selain bahasa Inggris. Penduduk Sydney yang sangat heterogen, dari berbagai ras, negara asal, dan latar belakang yang berbeda-beda, sehingga diperlukan bahan pustaka yang berbahasa lain selain bahasa Inggris.


Mobil perpustakaan keliling dari Bowen Library ini berkeliling seputar kota Randwick city dari pukul 9.30 – 5.00 sore, dari Senin – Jumat. Durasi peminjaman bahan pustaka sama dengan peminjaman pada perpustakaan biasa yaitu selama 2 pekan. Jadi kalau misalnya seorang pemustaka meminjam bahan pustaka dan mobil perpustakaan keliling membawakannya pada hari Senin, maka hari Senin 2 pekan kedepan, mobil yang sama akan datang lagi mengambil bahan pustaka yang dipinjam itu.  (diolah dari bahan kuliah dan beberapa sumber lainnya).


Berbeda konsepnya dengan layanan perpustakaan keliling yang ada di Indonesia, yang biasanya mengunjungi sekolah sekolah, Layanan perpustakaan keliling di Bowen Library tidak melakukan kunjungan ke sekolah sekolah. Layanan ini hanya ditujukan kepada orang orang yang karena alasan medis atau alasan lainnya, tidak dapat mengunjungi gedung perpustakaan. Termasuk dalam kategori ini adalah orang yang sudah lanjut usia, 60 tahun keatas, atau cacat fisik. Para pemustaka khusus ini biasanya akan menghubungi pengelola layanan perpustakaan keliling, untuk dibawakan buku atau bahan pustaka yang mereka butuhkan. Kemudian para petugas perpustakaan akan membawakan masing masing ke rumah, apartemen atau kediaman mereka. Petugas perpustakaan keliling di Bowen Library adalah para volunteers, atau tenaga sukarela, bukan pegawai tetap atau ASN. (Sumber gambar: website Randwick City Library, dan gambar dari Google)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kuil Hadrian di Kota Kuno Ephesus, Turki

Kuil Hadrian adalah salah satu gedung yang terindah yang masih tersisa di kota kuno Ephesus di   Provinsi Izmir, Turki. Kuil yang terletak d...

Popular Posts