Terjemahan Memorie Van Overgave Controleur Tana Toraja 1946-1947



Buku : Terjemahan Memorie Van Overgave Controleur Tanah Toraja 1946 – 1947

Editor : Drs. H. A. Ahmad Saransi, M.Si.

Penerbit : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan

Tahun : 2015

Tempat : Makassar

Jumlah Halaman : xii + 208

ISBN : –

Memorie Van Overgave adalah Memori Serah Terima Jabatan pada masa pemerintahan kolonian Belanda. Setiap Controleur (Kontrolir) atau semacam kepala daerah pada masa pemerintahannya membuat catatan berbagai kegiatan pemerintahan. Ada catatan tentan batas wilayah, luas, jumlah penduduk, iklim, sungai dan danau, etnografi, mata pencarian penduduk, strata sosial, tingkat pendidikan, kondisi kesehatan,  masalah hukum, sejarah dan lain lain.

Bentuk asli memori serah terima jabatan yang ada di unit Kearsipan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan adalah dalam bentuk arsip arsip tua yang berbahasa Belanda. Mengingat betapa pentingnya sebuah memori serah terima jabatan bagi suatu daerah, maka dibentuklah suatu tim yang menerjemahkan dan kemudian menerbitkan kumpulan memori serah terima jabatan tersebut dalam bentuk buku.

Buku ini adalah terjemahan memori serah terima jabatan oleh J. M. Van Lijk, Controleur Tana Toraja pada periode pemerintahan 23 Juli 1946 – 23 Juni 1947. Memori Serah Terima Jabatan dalam bentuk aslinya yaitu Khazanah Arsip Statis Negara Indonesia Timur (NIT) dengan Nomor Register 59. Pemustaka ataupun peneliti yang memerlukan Arsip aslinya dapat mencatat nomor registrasi dan Khazanah arsip tersebut dan berkunjung pada ruang Baca Arsip di Unit Kearsipan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 146., KM 12 Tamalanrea Makassar.

Terdiri dari 6 bagian (Bab) diawali dengan sambutan kepala Dinas, dan editor yang juga adalah kepala Bidang Pembinaan dan Pelayaan Kearsipan waktu itu. Selanjutnya adalah Pendahuluan pada bab pertama, disusul ulasan tentang Penduduk dan Etnografi pada bab kedua. Mata Pencarian penduduk dibahas pada bagian selanjutnya. Gejala Sosial pendidikan, Kesehatan, Masalah Hukum, Pemerintahan dan Sejarah adalah topik topik lain yang dibahas dalam buku ini.

Buku ini sangat bermanfaat terutama bagi para pemustaka, peneliti, pelajar, mahasiswa, para akademisi atau pun masyarakat umum yang ingin mengetahui tentang daerah Tana Toraja pada tahun 1946 – 1947.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

#JK75 Cerita Tentang Kalla

Buku : #JK75 Cerita Tentang Kalla Penulis : Tim Wartawan Wapres 2017 Editor : Adi Sulhardi & Buyung Wijaya Kusuma Penerbit : Kompa...

Popular Posts