Sulawesi Selatan, INDONESIA




Sulawesi Selatan yang lebih terkenal dengan nama Celebes adalah sebuah pulau yang elok permai dengan juas area 227.000 kilometer persegi, lebih kecil dibandingkan dengan gabungan daratan England dan Skotland. Bentuknya menyerupai bunga Orchid dengan jazirah-jazirah yang panjang serta rata dan pipih. Tidak ada titik daratan yang lebih dari 90 kilometer jauhnya dari pantai menjadikan pulai ini menjadi garis pantai yang panjang dan kebanyakan datarannya nampak bergunung-gunung. Gabungan dari kedua rupa yang demikian itu Sulawesi menjadi sebuah pulau dengan pantai yang sangat indah dan pemandangan pegunungan.



Secara Geografi Selat Sulawesi (Makassar) dikenal sebagai kawasan batas daripada garis Wallace, memisahkan dua unit margasatwa yang berlawanan, yaitu bahagian timur dan bahagian barat Indonesia. Golongan flora dan fauna pulau ini adalah unik (khas) seperti kayu eboni, babi rusa dan burung Maleo yang besar telurnya.

Pulau ini telah dihuni manusia sejak 30.000 tahun yang lampau. Dibuktikan dengan ditemukannya tanda-tanda di gua-gua bukit kapur dekat Maros, sekitar 30 kilometer sebelah Timur Laut daripada Ujung Pandang, ibukota Provinsi Sulawesi Selatan. Kemungkinan budaya yang tua berupa alat batu peeble dan flake telah di kumpulkan dari teras sungai di lembah Walannae di antara Soppeng dan Sengkang, termasuk tulang-tulang babi raksasa dan gajah-gajah yang telah punah.



Selama masa kejayaan perniagaan rempah-rempah, di abad ke-15 sampai ke-19, Sulawesi Selatan berperan sebaagai pintu gerbang kepulauan Maluku, tanah penghasil rempah. Kerajaan Makassar dan Bone yang perkasa memainkan peran penting tampak didalam sejarah kawasan Timur Indonesia di masa lalu.

Penduduk Sulawesi Selatan terdiri dari empat suku bangsa utama. Suku bangsa Toraja terkenal mempunyai budaya yang unik, tampak pada upacara-upacara kematin, rumah tradisional yang atapnya melengkung, ukiran yang cantik dengan warna alami.suku bangsa Bugis, Makassar dan Mandar terkenal sebagai pelaut yang petriotik baik dimasa perang maupun di masa damai. Dengan perahu layar tradisionalnya mereka mengarungi lautan Kepulauan Indonesia hingga bahagian utara Australia, beberapa pulau di Samudra Fasifik hingga ke pantai Afrika.

Latar belakang geografi prasejarah dan sejarah Sulawesi Selatan telah melahirkan unsur budaya yang menarik. Dari daerah ini, salah satu keunikan budaya yang dapat dilihat dan dinikmati antara lai, upacara-upacara, tarian tradisional, tenunan indah yang di tenun dari bahan benang kapas, seni ukir, dan pemandangan alam tropik yang sangat menakjubkan.

Sumber: Brosur Pariwisata Sulsel dari Dinas Pariwisata. Gambar dari Web



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kuil Hadrian di Kota Kuno Ephesus, Turki

Kuil Hadrian adalah salah satu gedung yang terindah yang masih tersisa di kota kuno Ephesus di   Provinsi Izmir, Turki. Kuil yang terletak d...

Popular Posts