Sultan Hasanuddin Menentang VOC




Buku : Sultan Hasanuddin Menentang VOC

Penulis : Sagimun M.D.

Penerbit : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Tempat : Jakarta

Tahun :  1985

Jumlah Halaman : v + 298

ISBN : –

Buku ini merupakan salah satu buku dari seri Pahlawan Nasional yang dilaksanakan oleh Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional (IDSN) pada Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.  Prof. Dr. Haryati Soebadio Direktur Jenderal Kebudayaan mengharapkan penerbitan buku ini akan menambah sarana penelitian dan kepustakaan yang diperlukan untuk pembangunan bangsa dan Negara, khususnya pembangunan kebudayaan.

Terbagi menjadi 5 bagian atau bab, buku ini diawali dengan sambutan Dirjen Kebudayaan, kemudian bab pertama yang membahas Serba Serbi Sulawesi Selatan. Pada bab pertama ini diuraikan tentang Susunan pemerintahan kerajaan Gowa, bagaimana pemilihan dan pengangkatan seorang raja, bagaimana pelantikan dan penobatan raja Gowa, tingkatan dalam masyarakat Bugis – Makassar dan juga pemberian nama dan gelar pada orang orang Makassar.

Selanjutnya bab kedua membahas Kerajaan Gowa sampai Sultan Hasanuddin Naik Tahta. Pada bagian ini, dibahas pula masa masa sebelum adanya Tumanurung di Tamalate sebagai raja pertama Gowa, juga tentang Gallarang – gallarang yang membentuk Batara Gowa dan silsilah anak keturunan raja raja Gowa.

Bab ketiga adalah inti pokok pembahasan buku ini yaitu Sultan Hasanuddin melawan VOC. Pada bagian ini diuraikan tentang bagaimana perdagangan antara negeri negeri di nusantara dengan VOC dan aturan aturan yang telah ditetapkan. Juga konflik antar kerajaan kerajaan yang ada di bagian timur nusantara yang melibatkan VOC. Pada bagian ini juga dibahas tentang Perjanjian Bungayya dengan pasal pasalnya yang banyak merugikan kerajaan Gowa.

Bagian keempat adalah Pertempuran Seru memperebutkan Benteng Somba Opu. Bagian terakhir adalah penutup dan Daftar Pustaka dimana pembaca bisa melihat buku buku rujukan dalam penyusunan buku ini. Ada 28 buku rujukan dalam penyusunan buku ini, termasuk beberapa diantaranya  berbahasa Belanda.

Buku ini cukup lengkap dan detail dalam menguraikan sejarah perjuangan Sultan Hasanuddin. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The Birth of I La Galigo

Buku : The Birth of I La Galigo, A Poem Inspired by Bugis Legend of the same name Penulis : Sapardi Djoko Damono (Versi Indoenesia) dan John...

Popular Posts