Wisata Kebun Bonto Marannu, GOWA

Beberapa hari lalu, kami sekeluarga pergi berwisata kebun di tempat “Wisata Kebun” Bonto Marannu, Gowa. Sebenarnya sudah lama saya ketahui adanya tempat wisata kebun tersebut, karena ketika anakku penammatan disekolahnya, pihak sekolah membawanya ke tempat wisata tersebut. Saya tidak ikut waktu itu, tetapi istri yang menemani anakku. Yang saya ketahui satu satunya tempat wisata kebun yang ada di sekitar Makassar dan Gowa. Lokasi wisata kebun tersebut tidak jauh dari rumahku, perkiraanku hanya sekitar 7 atau 8 km saja. Lokasi tepatnya ada di desa Pakatto, Kecamatan Bonto Marannu, Kabupaten Gowa. Tempatnya agak tersembunyi. Kalau kita dari arah Makassar atau Sungguminasa menuju Malino, setelah melewati Kampus Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (bekas Pabrik Kertas Gowa), melewati satu jembatan kecil maka disebelah kiri akan terlihat papan nama bertuliskan “WISATA KEBUN”. Kemudian kita akan memasuki jalan masuk yang agak sempit yang berdinding tembok kiri dan kanannya. Karena sempit, makanya hanya satu mobil yang bisa masuk, tidak bisa berpapasan dua mobil. Dari jalan poros hanya sekira 50 – 70 meter kita sudah bisa melihat rimbunan pohon. Ditempat parkir kita bisa membeli karcis masuk yang cukup murah, yaitu Rp.15.000 kalau hari biasa (Senin – Sabtu) dan Rp.25.000 kalau hari Minggu dan hari Raya. Anak anak dibawa 2 tahun tidak dikenakan karcis.
Memasuki tempat wisata, kita disambut dengan rimbunan pepohonan baik pohon buah maupun sekedar pohon pelindung. Ada pohon mangga, pepaya, jeruk, jambu, durian, rambutan, delima dan juga warna warni bunga kembang kertas (bougenville), adenium, dan jenis lainnya. Juga ada patung patung hewan. Juga ada jajaran Gazebo ditepi kolam ikan. Dibawa rimbunnya pohon, ada kursi dan meja yang bisa dipakai untuk makan makan kalau misalnya kita membawa bekal dari rumah. Gazebo itu juga bisa ditempati duduk menikmati alam terbuka. Fasilitas yang disediakan disini, antara lain, kolam renang dewasa yang berukuran kira kira 25x10 meter dan dalamnya hanya 1,6 meter. Ada juga kolam untuk anak anak yang dangkal dan ada atapnya sehingga kita tidak khawatir anak anak kepanasan. Ada juga tempat mandi bilas dan toilet. Tersedia pula kolam pemancingan ikan. Alat pancingnya dapat disewa, dan ikan yang ditangkap bisa dibawa pulang dengan harga sekitar Rp. 30.000 – Rp.40.000 perkilo. Disediakan pula arena bermain anak anak semacam TimeZone di mall. Bagi anak anak dan remaja yang ingin keliling kebun dengan kendaraan Motor roda 4 juga bisa menyewa. Ada juga restoran dan aula tempat pertemuan yang menurut petugas disitu, bisa menampung sekitar 100 undangan. Bahkan kalau mau menginap, juga tersedia penginapan.
Menurut salah seorang pegawainya tempat Wisata ini sebenarnya awalnya hanya tempat peristirahatan bagi pemilik dan keluarganya serta stafnya, tapi kemudian dibuka untuk umum sejak 2008 lalu. Mungkin karena tempatnya agak tersembunyi dan area kebunnya tidak begitu luas, sehingga kurang dikenal oleh masyarakat Gowa maupun Makassar. Tapi bagi anda yang ingin menikmati suasana keteduhan alam dan rimbunnya pepohonan, bisa berkunjung kesini bersama keluarga. Harga tiket masuknya murah dan jaraknya cukup dekat dari Makassar dan Sungguminasa. (Gambar: Koleksi Pribadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Issu Kesetaraan Gender tenaga Pendidik Pra-sekolah

Setiap tingkatan pendidikan selalu ada tenaga pendidik atau guru laki laki. Namun ada tingkat pendidikan yang dapat dikatakan hampir pasti t...

Popular Posts