Hari Jadi Daerah Daerah di Sulawesi Selatan

Setiap daerah di Indonesia, baik daerah kabupaten, kota, dan provinsi hampir semua memiliki tanggal istimewa yaitu tanggal yang diperingati tiap tahun sebagai hari Ulang Tahun Daerah. Daerah yang belum memiliki tanggal hari jadi biasanya akan berusaha merumuskan dan menentukan tanggal hari jadinya. Ada kecenderungan setiap daerah menginginkan harijadi atau ulangtahun yang ratusan tahun. Kabupaten dan kota di provinsi Sulawesi Selatan ada yang usianya sudah mencapai ratusan tahun. Misalnya kota Makassar yang pada tahun 2013 lalu memperingati ulang tahunnya yang ke 406 pada tanggal 9 November. Sementara pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 19 Oktober 2013 lalu juga memperingati ulangtahun ke 344 secara meriah diseluruh kabupaten kota se Sulawesi Selatan.
Daerah kabupaten kota di Sulawesi Selatan juga memperingati hari ulangtahun setiap tahun pada tanggal yang berbeda beda. Namun ada juga yang memperingatinya secara bersamaan yaitu daerah pemekaran yang memang bersamaan dibentuk dan disahkan Undang-Undangnya oleh DPR. Usia daerah pemekaran rata rata masih muda, bahkan ada yang baru ber’harijadi’ ke 10, tahun 2013 lalu misalnya Kabupaten Luwu Utara yang merupakan hasil pemekaran kabupaten Luwu. Kabupaten Toraja Utara juga belum berusia 5 tahun sejak dimekarkan dari kabupaten induknya Tana Toraja. Namun ada beberapa daerah kabupaten yang usianya mencapai ratusan tahun yaitu kabupaten dan kota yang pada masa pra-kemerdekaan adalah kerajaan besar. Misalnya: 1. Kabupaten Gowa. Kabupaten Gowa dulunya merupakan kerajaan terbesar di wilayah timur Nusantara. Tahun lalu tepatnya tanggal 17 November 2013, Gowa memperingati hari jadinya ke 693. Dasar penentuan hari jadi Gowa cukup jelas berdasarkan naskah Lontara Kerajaan. Dalam naskah koleksi kerajaan Gowa disebutkan bahwa tanggal 17 November 1320 adalah hari penobatan Karaenta Tumanurung Bainea sebagai Sombaya Ri Gowa I. 2. Kabupaten Sinjai. Kabupaten Sinjai dulunya adalah gabungan kerajaan kecil yang juga berdasarkan naskah Lontara terbentuk pada tahun 1564. Namun tanggal dan bulan terbentuknya tidak diketahui, namun harijadinya diperingati setiap tanggal 28 Februari.
3. Kabupaten Bone, dulu termasuk kerajaan besar di Sulawesi Selatan. Pada tanggal 6 April 2013 lalu pemerintah Kabupaten memperingati hari jadinya yang ke 683. 4. Kabupaten Wajo. Penentuan hari jadi kabupaten Wajo menggabungkan dua peristiwa penting yang terjadi di masa lampau, yaitu; berakhirnya peperangan terakhir Lamaddukkelleng di Lagosi yang mampu memukul mundur pasukan kompeni Belanda yang terjadi pada tanggal 29 Maret. Sementara tahun kelahiran Wajo ditetapkan pada tahun 1399 yaitu waktu pelantikan Batara Wajo pertama Latenribali dibawa pohon bajo. 5. Kabupaten Luwu termasuk termasuk bekas kerajaan besar diera pra-kemerdekaan. Pada tanggal 21 Januari 2014 tahun ini diperingati sebagai hari jadi kabupaten Luwu ke 745.
6. Kabupaten Soppeng. Dari beberbagai informasi tentang hari jadi daerah, mungkin inilah salahsatu kabupaten bekas kerajaan tertua di Sulawesi Selatan. Kabupaten Soppeng memperingati hari jadinya yang ke 752 pada tanggal 23 Maret 2013. Dari sumber situs kabupaten Soppeng disebutkan bahwa, berdasarkan naskah lontara kerajaan tahun 1261 adalah pelantikan TomanurungE Ri Sekkanyilli atau Latemmalala sebagai Raja Soppeng I. Sementara tanggal hari jadi-nya ditentukan hanya berdasarkan nilai filosofis dari angka 2 dan 3 saja. 7. Kabupaten Bantaeng juga termasuk daerah tertua yang ada di Sulawesi Selatan. Pada hari Minggu 7 Desember 2014, diperingati sebagai hari jadi kabupaten Bantaeng yang ke-760 tahun. Dari website Pemkab Bantaeng menyebutkan bahwa penetapan hari jadi Bantaeng berdasrkan bahwa tanggal 7 (tujuh) menunjukkan simbol Balla Tujua di Onto dan Tau Tujua yang memerintah dimasa lalu, yaitu: Kare Onto, Bissampole, Sinowa, Gantarangkeke, Mamampang, Mamampang, Katapang dan Lawi-Lawi. Bulan 12 (dua belas), menunjukkan sistem Hadat 12 atau semacam DPRD sekarang yang terdiri dari perwakilan rakyat melalui Unsur Jannang (Kepala Kampung) sebagai anggotanya yang secara demokratis mennetapkan kebijaksanaan pemerintahan abersama Karaeng Bantaeng. Tahun 1254 ditentukan tahun kelahiran Bantaeng karena pada catatan kerajaan Singosari telah tercatat adanya perdagangan dengan Bantaeng pada masa itu. Ketujuh daerah tersebut diatas rata rata berusia ratusan tahun. Makassar ketika masih bernama Ujungpandang, hari jadinya diperingati setiap tanggal 1 April, karena berdasarkan Arsip yang ada, tanggal 1 April 1906 adalah tanggal terbitnya Surat Keputusan pemerintah kolonial Belanda yang menjadikan Ujungpandang sebagai gemeente (kotamadya). Nama Ujungpandang berubah kembali menjadi Makassar pada tahun 1999 dan memperingati harijadinya setiap tanggal 9 November. Tahun 2014 ini diperingati sebagai hari jadi Makassar yang ke-407. (Sumber gambar: rakyatbersatu.co.id, bone.go.id dan sulselprov.go.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kuil Hadrian di Kota Kuno Ephesus, Turki

Kuil Hadrian adalah salah satu gedung yang terindah yang masih tersisa di kota kuno Ephesus di   Provinsi Izmir, Turki. Kuil yang terletak d...

Popular Posts