Piala Dunia 1938



80 tahun lalu, tepatnya tahun 1938 Indonesia menjadi negara Asia pertama yang turut serta dalam putaran final Piala Dunia Sepakbola, di Prancis. Meskipun pada saat itu belum menggunakan nama “Indonesia” tetapi “Dutch East Indies” atau Hindia Belanda, namun AFC sebagai organisasi Sepakbola Asia tetap mengakui prestasi tersebut untuk Indonesia. Para pemain Indonesia waktu itu sebagian besar tetap pribumi, sedikit keturunan Tionghoa dan sedikit keturunan Belanda. Nama pemainnya yaitu Bing Mo Heng (Penjaga Gawang), Herman Zommers, Frans Meeng, Isaac Pattiwael, Frans Pede Hukom, Hans Taihattu, Pan Hong Tjien, Jack Sammuels, Suwarte Soedarmandji, Anwar Sutan dan sebagai kapten timnya adalah Achmad Nawir.







Yang menarik adalah bahwa kapten Tim Indonesia, Achmad Nawir waktu itu menggunakan kacamata saat berlaga dilapangan, dan konon dialah orang terakhir kedua yang dibolehkan menggunakan kacamata dilapangan oleh FIFA. Yang menarik lagi adalah bahwa kapten Tim Indonesia dan Kapten Tim Hungaria keduanya adalah juga berprofesi sebagai dokter.

5 Juni 1938, di Stade Velodrome municipale, Reims (stadium Sepakbola kota Reims) Prancis, Indonesia dengan jersey warna Oranye berlaga melawan tim kuat Hungaria. Pertandingan yang disaksikan sekitar 9000 penonton dan tim Indonesia langsung kalah 0-6. Kekalahan itu dapat dimaklumi waktu itu karena tim Hungaria adalah tim tangguh dan mampu menjadi juara 2 (runner up) waktu itu setelah kalah dari tim Italia di Final. Kekalahan dari Hungaria membuat tim Indonesia harus pulang, dan FIFA mencatat record sebagai tim yang paling kurang memainkan pertandingan di Piala Dunia yaitu hanya 1 kali dan tim yang paling sedikit mencetak gol yaitu 0.

Sebenarnya Indonesia kembali hampir saja ikut lagi ke putaran final Piala Dunia 1958, setelah mengalahkan China (Tiongkok) pada babak kualifikasi. Sayang, pada babak selanjutnya Indonesia mundur karena harus melawan Tim Israel. Sekarang sudah 80 tahun berlalu, dan entah kapan Indonesia bisa berkiprah lagi diajang Piala Dunia.....

(Diolah dari berbagai sumber. Foto: theAFC.com)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kuil Hadrian di Kota Kuno Ephesus, Turki

Kuil Hadrian adalah salah satu gedung yang terindah yang masih tersisa di kota kuno Ephesus di   Provinsi Izmir, Turki. Kuil yang terletak d...

Popular Posts