Large Print Books (Buku dengan Cetakan Besar)

Kiri: Novel biasa, kanan: Novel dengan cetakan besar





Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara professional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka. Institusi Perpustakaan selalu berusaha menyediakan bahan perpustakaan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan para pemustaka (pengguna perpustakaan). 

Bahkan sebelum perpustakaan didirikan atau dibangun pada suatu daerah, maka pemerintah atau pihak swasta yang hendak membangun perpustakaan tersebut harus memiliki data statistik penduduk setempat. Berapa jumlah penduduknya, berapa orang PNS/ASN, berapa petani, berapa nelayan, jumlah perempuan dan laki laki, remaja, anak-anak dan dewasa.Informasi tentang berapa orang lanjut usia (penduduk senior) pada daerah itu juga harus diketahui, agar penyediaan bahan pustaka bagi penduduk usia lanjut dapat dipenuhi. 



Dua novel klassik dengan ukuran huruf yang besar

Salah satu kebutuhan pemustaka usia lanjut adalah tersedianya buku buku dengan cetakan huruf yang besar. Di negara maju buku buku dengan cetakan huruf besar atau disebut large print book  selalu tersedia di suatu lembaga perpustakaan. Minat baca orang orang dinegara maju sangat besar, termasuk minat baca para manula (manusia lanjut). Yang biasa dicetak dengan huruf ukuran besar adalah buku buku fiksi yang laris atau fiksi klassik. Pemustaka lanjut usia akan dengan mudah membaca dan menikmati suatu bacaan jika ukuran cetakan hurufnya besar. Manusia lanjut usia tentu banyak yang penglihatannya sudah mulai kabur, sehingga akan sangat terbantu jika cetakan buku novel yang dibacanya berukuran besar. 


Di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, juga tersedia koleksi large print books ini. Buku buku tersebut adalah bantuan dari salah satu lembaga perpustakaan lain, yang disumbangkan ke Perpustakaan Wilayah (nama DPK sebelum Otonomi Daerah) pada awal tahun 1990an. Meskipun hampir tidak ada satupun pemustaka lanjut usia yang datang ke DPK Sulsel, namun buku buku large print book ini cukup diminati oleh pemustaka, khususnya penggemar fiksi klasik, dan mahasiswa yang sedang belajar bahasa Inggris. Fiksi klasik adalah novel novel yang diterbitkan pertama kali puluhan atau bahkan ratusan tahun silam, misalnya novel novel karya penulis Inggris, Jane Austen, Emily Bronte, Shakespeare, dan lain lain.

Sayang sekali karena large print books ini belum ada yang tercetak dalam bahasa Indonesia, dan juga belum ada yang non-fiksi. Mungkin karena pemustaka remaja dan dewasa dianggap masih  normal penglihatannya dan masih mampu membaca novel novel atau buku dengan ukuran huruf yang kecil.

Jika anda seorang yang cukup paham bahasa Inggris, dan penggemar novel klasik, maka buku buku large print books ini sangat tepat bagi anda. Mata tidak cepat lelah membaca, tulisan nampak jelas sehingga sangat menyenangkan. Membaca sebuah novel menjadi kegiatan yang membahagiakan. Silahkan datang ke Unit Layanan Perpustakaan DPK Sulsel di Jl. St. Alauddin Makassar, jika anda ingin melihat, meminjam buku buku large print tersebut. Happy Reading!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tim Pembinaan Perpustakaan Untuk Layanan Lebih Baik

Pembinaan Perpustakaan adalah salah satu upaya pemerintah meningkatkan layanan perpustakaan kepada masyarakat umum, sehingga layanan perpust...

Popular Posts