Shaykh Yusuf (Syekh Yusuf)


Buku : Shaykh Yusuf (foto  copy)
Penulis : Suleman Essop Dangor
Penerbit : Iqra’ Research Committee, Mobeni, South Afrika 1982
Jumlah Halaman : vi + 78
ISBN : 0 949947 49 0
Bahasa : Inggris 

Buku ini adalah karya ilmiah (Thesis) dari Suleman Essop Dangor  sebagai bagian dari persyaratan kelulusan program Master dalam bidang Studi Islam di Universitas Durban-Westville, Afrika Selatan. Syekh Yusuf adalah pahlawan nasional Indonesia asal Gowa (dibuku ini ditulis Goa) Sulawesi Selatan yang  juga dianggap pahlawan, pembawa Islam dan tokoh terkemuka di Afrika Selatan pada masanya. Mr. Dangor (penulis) selain meneliti di Afrika Selatan, juga banyak melakukannya di Leiden Belanda dalam rangka penulisan thesis ini. Buku ini adalah hasil dari penelitian itu dan menjadi bahan rujukan bagi para peneliti lainnya yang berminat mengkaji sejarah Islam di Afrika Selatan. 

Terdiri dari 5 bagian, buku ini diawali bab (chapter) 1 dengan pembahasan tentang kelahiran Syekh Yusuf, masa kanak kanak, orangtua dan keluarganya, hubungannya dengan para penguasa, pelaksanaan ibadah haji, perkawinan pertama, perkawinan kedua, khidupannya di Banten (dibuku ini ditulis “Bantam”), perkawinan ketiga, nama nama istri dan anak anak Syekh Yusuf.
Bagian ke-2 mengisahkan tentang perlawanan Syekh Yusuf menghadapi penjajah Belanda, terjadinya konflik dengan Sultan Ageng dan Sultan Haji, gerakan Anti-Belanda, peranan Yusuf dalam konf;ik yang ada, penangkapan Yusuf, dan puisi puisi Jawa.

Masa masa hukuman pengasingan/ pembuangan Syekh Yusuf ke Cape Town dibahas pada bagian ke-3 di dalam buku ini. Mulai diasingkan ke Sailan (Ceylon) atau Srilangka, kemudian di asingkan lagi ke Cape Town sebagai tempat pembuangan terakhir, kedatangan Syekh Yusuf beserta rombongan ke Cape Town, kegiatan kegiatan selama di Cape Town, permintaan agar Syekh Yusuf kembali, wafatnya Syekh Yusuf, makam di Faure, peninggalan Syekh Yusuf, dan makam kedua.
Pengaruh Syekh Yusuf di Cape Town (Afrika Selatan) dibahas pada bagian ke-4 ini, sedangkan bagian terakhir berisi hasil pemikiran dari Syekh Yusuf, dilanjutkan dengan kesimpulan, daftar pustaka dan indeks. 

Buku ini dilengkapi dengan foto foto (illustrasi) makam Syekh Yusuf dan pengikutnya, Masjid di Cape Town, monumen yang berukir kata kata tentang kedatangan Syekh Yusuf dan rombongan dari Sailan ke Cape Town, serta foto kapal laut yang membawa rombongan dan foto foto lainnya. 

Buku koleksi Perpustakaan Abdurrasyid Daeng Lurang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tim Pembinaan Perpustakaan Untuk Layanan Lebih Baik

Pembinaan Perpustakaan adalah salah satu upaya pemerintah meningkatkan layanan perpustakaan kepada masyarakat umum, sehingga layanan perpust...

Popular Posts