Bunga Sibollo (Ho Eng Dji)

 
Buku : Bunga Sibollo (Kumpulan Sajak / Kelong Makassar) Karya Ho Eng Dji
Editor/Penerjemah : Shaifuddin Bahrun
Penerbit :  Yayasan Baruga Nusantara, Makassar 2006
Jumlah Halaman : xxiv + 72
ISBN : -
Masih ingat Film “Ati Raja” yang tahun lalu diputar di beberapa bioskop di Makassar? Pernahkah anda menonton film tersebut? Film tentang sosok Ho Eng Dji, seniman, penyair, musikus, sastrawan Makassar berdarah Tionghoa yang aktif berkarya dari tahun 1930an – 1960an.  Buku ini adalah kumpulan dari sajak atau puisi atau dalam bahasa Makassar disebut “kelong” karya Ho Eng Dji. Kumpulan sajak ini dikumpulkan dan diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia oleh Shaifuddin Bahrum.
Buku ini diawali dengan kata pengantar dari penerbit. Kemudian kisah hidup Ho Eng Dji. Kemudian karya karya sajak atau puisi Ho Eng Dji yang dibagi dalam dua bagian utama yaitu : Puisi (Kelong ) Makassar dan Puisi yang telah di gubah menjadi Lagu Makassar. 
Bagian pertama puisi dengan judul : Malino, Kodi Tojenna, Ri Biring Moncong, Sinriliq, Biseang, Cinna Cinikku, Tunanu, Dendang 1, Dendang 2, Dendang 3, Rua Bungung, Lino 1, Lino 2, Lino 3, To Battua, Empoanna Tallasaka, Bunga Sibollo, Sibokoi, Sassaqlalang.
Bagian kedua puisi yang telah digubah menjadi lagu Makassar dengan judul :  Ampir Siang, Pasangteng 1, Pasangteng 2, Dendang-dendang 1, Dendang-dendang 2, Ati Raja 1, Ati Raja 2, Maqrencong-rencong, Rambang Tinggal, Kola Satu, Mas Bangun, Jali Jali, Baju Ejayya, Sailong dan Ammaq Ciang.
 
Buku ini menjadi bahan rujukan yang bagus bagi anda yang berminat tentang puisi Makassar, tentang seniman Makassar berdarah Tionghoa, atau kesusastraan Makassar secara umum. Buku ini koleksi Perpustakaan Abdurrasyid daeng Lurang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Selatan.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tim Pembinaan Perpustakaan Untuk Layanan Lebih Baik

Pembinaan Perpustakaan adalah salah satu upaya pemerintah meningkatkan layanan perpustakaan kepada masyarakat umum, sehingga layanan perpust...

Popular Posts