Hadji Kalla, Saudagar dari Mesjid




Buku : Hadji Kalla, Saudagar Dari Mesjid
Penulis : S. Sinansari Ecip
Penerbit : Cahaya Timur, Makassar 2002
Jumlah Halaman : viii + 118
ISBN : 979-97065-1-3

Buku biografi Hadji Kalla ini disusun oleh S. Sinansari Ecip dan kawan kawan, dalam rangka peringatan 50 tahun PT. Hadji Kalla. Disusun hanya dalam waktu singkat yaitu sebulan, namun tetap layak dibaca dan dijadikan bahan rujukan untuk mengetahui kehidupan Hadji Kalla dan Hadjah Athirah dan juga perusahaan dagang mereka PT. Hadji Kalla. Berisi dokumentasi perjalanan hidup keluarga Hadji Kalla mulai dari kampung halaman di Bone sampai menjadi perusahaan besar di Makassar dan Indonesia pada umumnya. 

Terdiri dari 4 Bab, diawali dengan ‘pengantar penerbit’ yang menguraikan tentang bagaimana buku ini disusun dalam waktu yang singkat namun tetap bisa dijadikan rujukan keteladanan Hadji Kalla, dan juga ‘pengantar dari penyusun’ yang membahas tentang sosok pribadi Hadji Kalla dan Hadjah Athirah yang ulet, pantang menyerah, yang suka berbagi hak kepada fakir miskin. Perkembangan usahanya dari suatu perusahaan kecil menjadi perusahaan besar berskala nasional dan internasional. 

Bab 1 Berawal dari Bajoe. Pada awalnya perusahaan Hadji Kalla bernama NV. Hadji Kalla Trading Coy, kemudian setelah besar menjadi PT Hadji Kalla (Group), yang sekarang (saat buku ditulis tahun 2002) memiliki jumlah karyawan 5000an orang. Bukan hanya PT Hadji Kalla yang dibahas pada bagian ini, tetapi juga perusahaan perusahaan lain yang berkembang pada masa lalu. Masa kecil dan remaja Hadji Kalla juga dikisahkan dibagian ini. Beliau masih remaja belasan tahun sudah bisa naik haji dan juga saat masih remaja sudah punya usaha sendiri dan sudah menikah.  

Bab 2 Mengarungi Samudra. Bab ini mengisahkan tentang perkembangan perusahaan PT. Hadji Kalla, dan diversifikasi jenis usaha, mulai dari pertekstilan, jasa konstruksi (PT. Bumi Karsa), lalu otomotif (PT. Makassar Raya Motor, PT. Intim Utama Mobil), perdagangan (PT. Bumi Sarana Utama, PT. Bumi Sarana Beton), permukiman/perumahan (PT. Baruga Asri Nusa Development) dan lain lainnya.

Bab 3 berguru pada Aqidah. Pembahasan pada bab ini kembali ke masa saat Hadji Kalla dan Hadja Athirah merintis toko tekstilnya di kota Watampone. Bagaimana keluarga Hadji Kalla mengutamakan pendidikan agama dalam keluarga, misalnya anak-anaknya dipanggilkan guru mengaji dirumah. Anak anak juga dilibatkan dalam pembicaraan bisnis, dalam arti, mereka dibolehkan mendengarkan ayahnya berdiskusi soal bisnis dengan teman sesama pengusaha. Pendidikan anak anak Hadji Kalla juga dibahas disini. Ada juga cara merekrut pegawai, dengan melihat bagaimana calon pegawai tersebut melaksanakan sholat dan juga kejujuran mereka. 

Bab 4 Cakrawala tak Bertepi. Pada bab ini pembahasan difokuskan pada pribadi Hadji Kalla yang berjiwa sosial, dan juga berumahtangga dua (dua istri), tentang zakat dan pajak yang dibayarkan dan saat Hadji Kalla wafat menyusul wafatnya Hadja Athirah, serta kelanjutan perusahaan setelah keduanya wafat, dan nasehat nasehat Hadji Kalla kepada anak dan menantunya. 

Sangat menarik dibaca, dan layak dijadikan bahan referensi untuk bidang ekonomi perdagangan dan bidang lain yang terkait. 

Koleksi Perpustakaan Abdurrasyid Daeng Lurang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Selatan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Issu Kesetaraan Gender tenaga Pendidik Pra-sekolah

Setiap tingkatan pendidikan selalu ada tenaga pendidik atau guru laki laki. Namun ada tingkat pendidikan yang dapat dikatakan hampir pasti t...

Popular Posts