Dances in Toraja


Buku : Dances in Toraja
Penulis : Beatrix Bulo
Penerbit : Percetakan Intisari, Makassar 1989
Jumlah Halaman : xii + 98
Bahasa : Inggris
ISBN : -

Buku ini ditulis dalam bahasa Inggris oleh Beatrix Bulo, membahas tentang tari tarian Toraja. Tujuan utama penulisan buku ini untuk pelestarian budaya lokal Toraja dan Sulawesi Selatan pada umumnya. Disadari sepenuhnya bahwa dokumentasi tentang tari tarian Toraja masih sangat kurang, sehingga dengan adanya buku ini, bisa setidaknya menambah wawasan kita tentang kesenian khususnya tari tarian Toraja, dan sekaligus menjadi bahan rujukan bagi para peminat seni tari. 

Terdiri dari 3 bagian utama, dimana bagian awal ada kata pengantar dari penulis, dari Gubernur (waktu itu) Ahmad Amiruddin, Wakil Gubernur Zainal Basri Palaguna, dan kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. Aminuddin Machmud, serta Bupati Toraja, A. Yacobs. Pembahasan selanjutnya tentang masyarakat Toraja, asal usul penduduk dan bahasanya, kelas kelas sosial masyarakatnya, dan agama para leluhurnya. 

Pada bagian kedua, berisi deskripsi tentang tari tarian Toraja. Ada 5 (lima) tarian Toraja yang dibahas disini yaitu : Tari Bone Ballaq, tari Gelluq Pangalaq, Paqranding, tari Burake dan tari Dao Bulan. Masing masing tarian dijelaskan tentang asal usulnya, ornament yang digunakan, music instrument yang mengiringi, lirik lagunya, gerakan gerakannya, pengenalan jika ada unsure baru, dan klasifikasi tarian. 

Arti simbolis tari tarian Toraja selanjutnya dibahas dalam bagian ketiga. Kelima tari tarian yang dijelaskan dibagian kedua juga dibahas dibagian ketiga. Yang dibahas pada bagian ini adalah arti simbolis ornament-nya, music instrumennya, gerakan gerakan tariannya, lirik lirik lagu pengiringnya, dan lagu lagunya.

Sebagai penutup, ada bagian Kesimpulan, ada daftar pustaka yang digunakan, ada appendix dan sedikit riwayat hidup penulisnya. 

Buku koleksi Perpustakaan Abdurrasyid Daeng Lurang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Selatan.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kuil Hadrian di Kota Kuno Ephesus, Turki

Kuil Hadrian adalah salah satu gedung yang terindah yang masih tersisa di kota kuno Ephesus di   Provinsi Izmir, Turki. Kuil yang terletak d...

Popular Posts