Selayar Meretas Kemiskinan Nelayan


Buku : Selayar Meretas Kemiskinan Nelayan
Penulis : Nur Aswar Badulu
Pengantar : Prof. Dr. Ir. Ambo Tuwo, DEA
Penerbit : Fahmis Pustaka, Makassar 2008
Jumlah Halaman : xx + 100
ISBN : 979-155974-0

Pokok bahasan utama pada buku ini adalah bagaimana masyarakat di Selayar menggunakan segala bentuk potensi lokal dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka mengentaskan kemiskinan dalam kehidupan mereka sehari hari terutama yang didaerah pesisir. Penulisnya adalah seorang yang berpengalaman dalam pendampingan dan observasi Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir (PEMP) sejak tahun 2003 – 2007. Buku ini diterbitkan atas kerjasama antara LP2MT dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Selayar. 

Buku ini diawali dengan Prakata oleh penulis, Sambutan Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Selayar, dan Kata Pengantar oleh Prof. Dr. Ir. Ambo Tuwo, DEA., Catatan dari Penerbit dan Abstraksi. 

Dibagi menjadi 6 (enam) bagian, dimana bagian pertama membahas tentang Pemberdayaan Masyarakat Pesisir, termasuk latar belakang masalahnya, filosofi pemberdayaan, kelembagaan sarana pemberdayaan, dan alasan mengapa buku ini ditulis. 

Pada bagian kedua, dibahas tentang Masyarakat Pesisir Berbasis Kearifan Lokal.  Bagian ini terdiri dari Prinsip pemerberdayaan masyarakat pesisir, strategi penggalangan  pemberdayaan masyarakat, program pengembangan komunitas nelayan, dan Kearifan lokal pemulihan nelayan tradisional.

Kemiskinan Nelayan selanjutnya dibahas pada bagian ketiga. Berbagai permasalahan dan penanggulangan kemiskinan, rezim kemiskinan nelayan, miskin dilaut, kiprah pemberdayaan masyarakat pesisir, konsep pemberdayaan ekonomi, sasaran program PEMP, kapita selekta pendampingan Program PEMP, metode holistic, kemandirian lokal, metode Participatory Local Social Development, kondisi sosial ekonomi, kondisi kelembagaan masyarakat pesisir, aspek pengetahuan dan keterampilan, aspek kesehatan, dan Perubahan pendapatan nelayan.

Sosial kebudayaan masyarakat pesisir dijelaskan pada bagian keempat. Penjelasannya meliputi: kebudayaan masyarakat pesisir, profil singkat lokasi Program PEMP, modal sosial pemberdayaan, Koperasi LEPP M3, Organisasi Sosial Nelayan, Organisasi Sosial mewujudkan impian.

Pada bagian kelima pokok pembahasannya adalah Arah pengembangan kawasan terpadu pesisir (tata ruang pesisir), potensi dan masalahnya, revolusi bahari, melawan dominasi, program mitra bahari. 

Sebagai penutup, ada kesimpulan dan saran, kemudian terakhir adalah daftar pustaka, tentang penulis dan hikayat. 

Koleksi Perpustakaan Abdurrasyid Daeng Lurang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Selatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kuil Hadrian di Kota Kuno Ephesus, Turki

Kuil Hadrian adalah salah satu gedung yang terindah yang masih tersisa di kota kuno Ephesus di   Provinsi Izmir, Turki. Kuil yang terletak d...

Popular Posts