50 Seniman Sulawesi Selatan dan Karyanya


Buku : Limapuluh Seniman Sulawesi Selatan dan Karyanya
Penulis : Yudhistira Sukatanya
Penerbit : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan, Makassar 2005
Jumlah Halaman : viii + 275
ISBN : -

Makassar telah melahirkan banyak seniman seniman sejak zaman dulu. Seniman dalam buku ini mencakup para pekerja seni tari, musisi dan pencipta lagu, penyanyi, pelukis dan pematung dan lain lain. Didalam buku ini hanya 50 orang seniman yang dibahas, jadi tentu saja masih banyak lagi seniman Sulawesi Selatan, terutama di daerah kabupaten/kota yang belum dicatat nama dan karya karyanya. Terbit tahun 2005 lalu sebagai langkah awal dalam mendata dan mengumpulkan seniman Sulawesi Selatan dan karyanya. Diharapkan, akan diterbitkan pula seniman seniman lain dari Sulawesi Selatan yang belum ada daftar di buku ini. 

Kita semua masyarakat Sulawesi Selatan mungkin sering mendengar lagu lagu daerah, atau malah sering menyanyikannya, namun kita tidak mengenal siapa pencipta lagunya, atau siapa yang pertama kali mempopulerkannya. Atau munkin sering melihat karya seni lukis, patung, atau tari tradisional tapi tidak mengetahui siapa pencipta karya seni itu. Buku ini berusaha menjelaskan kepada kita semua akan seniman Sulawesi Selatan yang telah berkonstribusi dalam pengembangan kesenian di Sulawesi Selatan. 

Adapun nama nama seniman yang ada dalam buku ini adalah: Abdullah Sijaya, Alim Walangadi, Alim Jalil, Andi Ummu Tunru, Anis Kaba, Andi Makmur Makka, Andi Sitti Nurhani Sapada Makkasau, Arief Gossin Gomulya, Arsyal Alhabsi, Asdar Muis RMS, Aslam Abidin, Aspar Paturusi, Atja Thaha, Badaruddin Amir, Bahar Merdhu, Cucut, Chaeruddin Hakim, Daeng Nawang, Daeng Te’ne, Dicky Chandra, Djamaluddin Effendy, Fahmi Syarif, Firman Djamil, Giok Sukarman, Husni Djamaluddin, Ida Joesoef Madjid, Iin Joesoef Madjid, Ishak Ngeljaratan, Iwan Tompo, Jurlan Em Saho’as, Kahar Wahid, M.A. Arifin, M. N. Syam, Mahrus Andhis, Mochtar Pabottingi, Moespa Edow, Munasiah Nadjamuddin, Nunding Ram, Radjab Fattah, Rahman Arge, Rahmansyah, Ram Prapanca, Ramto, Sakka Ali Yatimayu, S. Sinansari Ecip, Sirajuddin Bantang, Syahriar Tato, Syam Asrib, Udhin Palisuri dan Yudhistira Sukatanya. 

Pada bagian akhir buku, ada nama nama para penerima “Celebes Award” dari tahun 2002 – 2005.  

Bagi anda yang tertarik mengkaji kesenian Sulawesi Selatan, atau berniat menulis tentang seniman Sulawesi Selatan, maka buku ini bisa dijadikan rujukan. Meskipun tidak semua seniman tercatat dalam buku ini, namun tetap bisa member gambaran bagaimana kehidupan berkesenian para seniman Sulawesi Selatan. 

Buku ini Koleksi Perpustakaan Abdurrasyid Daeng Lurang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Selatan.   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Issu Kesetaraan Gender tenaga Pendidik Pra-sekolah

Setiap tingkatan pendidikan selalu ada tenaga pendidik atau guru laki laki. Namun ada tingkat pendidikan yang dapat dikatakan hampir pasti t...

Popular Posts