Makassar LakekomaE (Sebuah Ikhtiar Mengaca Diri)


Buku : Makassar LakekomaE (Sebuah Ikhtiar Mengaca Diri)
Editor : Andhy Pallawa
Pengantar : Drs. HB. Amiruddin Maula, SH., M.Si.
Penerbit : Global Publishing, Makassar 2004
Jumlah Halaman : xvii + 173
ISBN : 979-96946-3-9

Buku ini adalah kumpulan tulisan hasil pemikiran dari para akademisi dan praktisi dari berbagai Perguruan Tinggi di Makassar. Tulisan tulisan ini adalah jawaban atas segala persoalan yang dihadapi kota Makassar sebagai kota Metropolitan. Pengumpulan hasil pemikiran dari para pakar ini diprakarsai oleh HB Amiruddin Maula yang pada waktu itu berada di penghujung masa baktinya sebagai Walikota Makassar. Dengan cara sederhana, Walikota berusaha mencarikan jawaban atas persoalan pelik yang dihadapi kota Metropolitan Makassar. Kalaupun pemikiran itu tidak bisa diterapkan dalam menjalankan pemerintahan kota, setidaknya ada bahan untuk dijadikan usulan jawaban bagi persoalan dimasa depan. 

Pengantar dari Penerbit dan Sekapur Sirih dari Walikota Makassar dibahas pada bagian awal buku ini. Walikota Makassar (waktu itu, 2004) HB. Amiruddin Maula memasuki masa akhir jabatannya sebagai Walikota Makassar. Beliau berusaha mengumpulkan dan meminta hasil pemikiran para akademisi di Kota Makassar untuk pengembangan kota Makassar kedepan. 

Daftar tulisan dari para akademisi dan praktisi yang ada dalam buku ini adalah: 

1.  Makassar Kota Maritim, Apa Kabar?  Oleh: Dr. Ir. H. Baharuddin Abidin
2.  Makassar Mencari Solusi Tata Ruang. Oleh: Dr. Ir. Trisutomo
3.  Bagaimana, Mengapa dan Kemana Arah Pembangunan Transportasi Kota       Makassar. Oleh: Prof. Dr. Ir. H.M. Yamin Jinca
4.  Makassar Sebagai Tujuan Wisata Kota. Oleh Dr. Ir. Bambang Heryanto
5.  Kebijakan Daerah VS Pembangunan Berkelanjutan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Perizinan (Suatu Renungan Hukum Prospektif Pada Era Otonomi Daerah) Oleh H.A. Muin Fahmal, S.H., M.H.
6.  Penataan Kota Makassar Berwawasan Lingkungan  (Pendekatan Religius dan Kultural) Oleh Prof. Dr. H. Samiang Katu, M.Ag.
7.  Makassar, Menuju Sebuah Kota Yang Berkarakter. Oleh: Drs. A. Hamid Paddu
8.  Membangun Sistem Politik/Pemerintahan yang Berlandaskan Nilai Nilai Budaya Politik Lokal di Kota Makassar. Oleh: Drs. H. Kautsar Bailusy, MA.
9.  Menuju Pembangunan Pendidikan Yang Berkualitas di Kota Makassar. Oleh: Prof. Dr. H. Basri Wello, M.A.
10.Pembangunan Kepemudaan Kota Makassar Dalam Dimensi Lima Tahun Mendatang. Oleh : Arqam Azikin, S.Sos 

Bagian terakhir adalah biodata para penulis. 

Koleksi Perpustakaan Abdurrasyid Daeng Lurang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provins Sulawesi Selatan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tim Pembinaan Perpustakaan Untuk Layanan Lebih Baik

Pembinaan Perpustakaan adalah salah satu upaya pemerintah meningkatkan layanan perpustakaan kepada masyarakat umum, sehingga layanan perpust...

Popular Posts