Minyak Tawon Warisan

Semasa saya kuliah di UNSW (University of New South Wales) Sydney, Australia, saya menerima ‘warisan’ berupa sebotol obat herbal dari seorang mahasiswa Indonesia yang sudah selesai kuliahnya dan akan kembali pulang ke Indonesia. Minyak obat tersebut adalah minyak bermerek atau bercap Tawon, minyak khas dari Makassar, Sulawesi Selatan. Minyak obat tersebut terkenal ampuh untuk mengobati penyakit penyakit luar, maupun untuk untuk urut, pijat, juga untuk pengobatan jerawat, bisul dan lain lain.

Saya sudah lupa dari siapa minyak obat tersebut, yang jelas, yang mewariskan kesaya juga menerima dari mahasiswa Indonesia sebelumnya. Yang saya ingat, mahasiswa yang memberikan minyak obat tersebut bukan orang Makassar tapi dari Jawa. Minyak obat itu telah turun temurun antara mahasiswa Indonesia di UNSW. Mahasiswa yang telah selesai kuliahnya dan akan pulang ke Indonesia, akan memberikannya kepada mahasiswa yang masih tinggal belajar. Minyak obat tersebut awet, bukan karena tidak disukai oleh para mahasiswa, tetapi memang karena jarang ada yang sakit sakit menurut saya. Semua sehat sehat saja selama tinggal dan belajar di UNSW Sydney.

Selama saya yang menguasai botol minyak obat tersebut saya juga jarang memakainya, karena Alhamdulillah saya sehat sehat saja selama disana. Paling kalau saya agak pegal kaki setelah jogging di Centennial Park, saya gunakan untuk mengurut betis kakiku. Kadang juga ada semacam jerawat di punggung, obat minyak ini juga obat ampuhnya. Sekali oles, besoknya sembuh. Apalagi kalau hanya jerawat dimuka atau bisul pada bagian tubuh lainnya. Keampuhannya sangat bisa diandalkan.

Ketika kuliah saya selesai dan bersiap-siap pulang ke Indonesia (Makassar), saya pun mewariskan minyak obat tersebut keseorang teman lainnya asal Makassar juga, teman satu Fakultas dengan saya di Faculty of Economic and Commerce UNSW, hanya beda jurusan, saya Manajemen Informasi, sedangkan dia Manajemen Sumber Daya Manusia. Minyak obat tersebut masih tersisa hampir setengah botol saat saya berikan kepada teman tersebut. Entah kepada siapa lagi mahasiswa Indonesia yang mendapatkan minyak Tawon tersebut dari teman saya ketika pulang ke Indonesia….


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tim Pembinaan Perpustakaan Untuk Layanan Lebih Baik

Pembinaan Perpustakaan adalah salah satu upaya pemerintah meningkatkan layanan perpustakaan kepada masyarakat umum, sehingga layanan perpust...

Popular Posts