Masjid Sultan Selim II Kota Konya, Turki


Salah satu obyek wisata religi yang ada di kota Konya, Turki adalah Masjid Selim. Kami berkunjung kesini pada hari Selasa 27 Oktober 2020 lalu. Yang kami kunjungi sebenarnya adalah Museum Maulana  Jalaluddin Rumi (Mevlana Museum) yang terletak persis di disebelah masjid ini. Kalau kita berada di pintu masuk Museum, atap masjid ini keliatan cukup dekat. Foto ini yang saya ambil dari kamera handphone saya ketika kami sudah akan berangkat ke Cappadokya. Bangunan masjidnya Nampak indah dan klassik khas Turki. Halamannya sangat luas, dan dibagian depan ada perpustakaan.

Sedikit informasi tentang masjid ini. Selimiye Mosque (Masjid Selim atau Masjid Sultan Selim II) di kota Konya (baca: [KON-YA], bukan [KO-NYA]), satu kota kecil di Turki berjarak 706 km dari Istambul. Masjid ini berlokasi disamping Museum dan Makam Maulana Jalaluddin Muhammad Rumi. Masjid  ini diprakarsai pembangunannya oleh Sultan Selim II tahun 1558 saat beliau masih berstatus Pangeran di kekaisaran Usmani (Ottoman Empire). Selesai dibangun pada 1570 saat beliau sudah menjadi Sultan. Masjid tua ini sudah direnovasi sebanyak 3 kali yaitu tahun 1685, 1816 dan terakhir tahun 1914. (diolah dari berbagai sumber).

(diolah dari berbagai sumber).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tim Pembinaan Perpustakaan Untuk Layanan Lebih Baik

Pembinaan Perpustakaan adalah salah satu upaya pemerintah meningkatkan layanan perpustakaan kepada masyarakat umum, sehingga layanan perpust...

Popular Posts