Kamus Bugis - Indonesia





Buku : Kamus Bahasa Bugis – Indonesia

Penulis : Kuran Puasa

Penerbit : CV. Jejak

Tempat Terbit : Sukabumi, Jawa Barat

Tahun : 2019

Jumlah Halaman : xxiv + 983

ISBN : 978-602-474-505-9

 

Diantara sekian banyak buku Kamus Bugis – Indonesia yang ada, mungkin inilah kamus yang terlengkap. Dengan jumlah halaman lebih dari 1000, hampir sama dengan kamus Bugis – Belanda yang disusun oleh B.F. Matthess pada abad XIX silam, yang kini masih tersimpan di Perpustakaan Khusus, Unit Kearsipan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan. 

Kamus Bugis – Indonesia ini diawali dengan ucapan terimakasih penulis atas penerbitannya, kemudian ada kata Pengantar dari Prof. Nurhayati Rahman, Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin. Selanjutnya ada Catatan dari Douglas Laskowske, seorang peneliti bahasa yang fasih berbahasa Bugis, Prakata dari penulis, Petunjuk pemakaian kamus, Isi kamus, lampiran, pustaka acuan, sumber gambar dan terakhir riwayat hidup singkat penyusun kamus.

Salah satu bagian penting dari buku Kamus ini adalah pada bagian Petunjuk Pemakaian Kamus pada halaman xv. Ada penjelasan tentang Kata Kepala (kata entri), jenis kata, penulisan aksara lontaraq, arti kata, arti kata dan penomoran, penggunaan istilah ilmiah, ada gambar / illustrasi untuk memperjelas satu atau beberapa kata secara visual. Beberapa label yang sering kita jumpai pada kamus kamus terkini, misalnya; adj. untuk kata sifat (adjective), conj. untuk kata sambung, pref. untuk awalan (prefix) dan lain lain.  Selain itu ada beberapa singkatan yang digunakan misalnya dsb. dan sebagainya,  jg. juga, org. orang, lih. lihat dan sebagainya.  

Kamus ini selain ditulis dalam aksara Latin, juga dilengkapi dengan aksara Lontaraq baik pada setiap entri katanya, maupun pada penjelasan dan bagian bagian lainnya. Cara membaca aksara Lontaraq juga dibahas. Dalam aksara Lontaraq, ada perbedaan jelas antara huruf “e” pada kata ‘emas’ dan “ѐ” pada kata ‘enak’.  Ada uraian tentang inang sureq dan anaq sureq. Yang menarik juga di jelaskan tentang cara memasang Aksara Lontaraq Bugis di computer atau Laptop dan juga di telepon genggam. Buku kamus ini tak sekedar kamus biasa, tetapi juga buku tata bahasa Bugis. 

Bagi anda orang Bugis maupun yang bukan, yang tidak terlalu paham tentang penulisan Lontaraq Bugis, maka buku sangat direkomendasikan. Lembaga lembaga pemerintah maupun swasta yang memiliki naskah Lontaraq Bugis, yang dilayankan ke masyarakat umum, juga sangat tepat jika menyediakan buku kamus ini diruang baca naskahnya, karena akan sangat membantu para pemustaka, peneliti atau pembaca naskah lontaraq untuk lebih memahami arti kata kata Bugis, terutama kosa kata yang sudah jarang digunakan dalam percakapan sehari hari sekarang ini. 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The Birth of I La Galigo

Buku : The Birth of I La Galigo, A Poem Inspired by Bugis Legend of the same name Penulis : Sapardi Djoko Damono (Versi Indoenesia) dan John...

Popular Posts