Permainan Rakyat yang Kian Terlupakan


Buku : Permainan Rakyat Sulawesi Selatan 2

Penulis : Drs. Nonci, S.Pd. & Dra. Hj. Hasnah Mandong, M.Pd.

Penerbit : CV. Telaga Zam Zam

Tempat terbit :  Makassar

Tahun : 2001

Ukuran : 15 x 20,5 cm

Jumlah Halaman : x + 59

Permainan rakyat adalah salah satu aspek budaya masyarakat yang perlu dilestarikan. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern sekarang ini, hampir tidak ada lagi atau susah ditemukan lagi orang yang memainkan permainan rakyat lokal. Masyarakat baik yang dewasa maupun yang masih anak anak, semua terpaku pada gawai (gadget) yaitu handphone, dimana didalamnya sekian banyak permainan (games) digital bisa diakses, meskipun fungsi utamanya adalah alat komunikasi.

Buku ini mencoba merangkum beberapa permainan rakyat Sulawesi Selatan. Ada 6 permainan rakyat yang dibahas dalam buku ini. Sebelumnya, sudah ada beberapa buku yang bertema “permainan rakyat” yang dibahas dan dibuatkan sinopsinya yang bisa disimak di Blog khusus buku buku bertema lokal di https://www.koleksilokal.com/ yang memuat ratusan buku buku bertema lokal Sulawesi Selatan.

Buku ini membahas permainan rakyat Sulawesi Selatan khususnya Suku Bugis dan Makassar. Selain nama permainannya, juga diuraikan pengrtiannya, lapangan yang digunakan, alat permainan, jumlah peserta permainan dan cara dan jalannya permainan. Selain itu juga dilengkapi dengan illustrasi sederhana yang menggambarkan lapangan permainan, jalannya permainan dan orang yang bermain.

Permainan rakyat yang dibahas dalam buku ini adalah

1.      Massappa

2.      Mammaling

3.      Mappasajang / A’layang-layang

4.      Mabbellung

5.      Massempe / A’sempe

6.      Mattojang / Attoeng

Buku ini sangat penting diajarkan atau diperkenalkan kepada anak anak generasi muda, agar mereka tidak akan lupa aspek budaya daerahnya sendiri yang semakin tergerus oleh budaya luar yang belum tentu sesuai dengan nilai luhur budaya kita.

Buku koleksi Perpustakaan Abdurrasyid Dg. Lurang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Selatan.  

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Takalar Kini dan Esok, Paradigma Baru Bupati Zainal

Buku : Takalar Kini & Esok, Paradigma Baru Bupati Zainal Editor : Andi Wanua Tangke dan Usman Nukma Penerbit : Pustaka Refleksi Te...

Popular Posts