Kumpulan Cerita Rakyat Massenrempulu




Buku : La’bo Balida, Cerita Rakyat Massenrempulu

Penulis : Arham dkk.

Penerbit : Pustaka Refleksi

Tempat : Makassar

Tahun : 2009

Jumlah Halaman : vi + 61

Ukuran : 14,8 x 21,6 cm

ISBN : 979-9673-23-6

Sulawesi Selatan termasuk salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan tradisi lisan. Folklore atau cerita rakyat cukup dikenal luas di tengah tengah masyarakat Sulawesi Selatan, termasuk masyarakat Massenrempulu yang ada di kabupaten Enrekang. Masyarakat Massenrempulu berusaha melestarikan cerita rakyat yang sudah ada sejak ratusan tahun silam, yaitu dengan mengumpulkannya dalam bentuk buku ini.

Buku ini diterbitkan dalam rangka upaya pelestarian cerita rakyat Massenrempulu, yang dilaksanakan oleh sekelompok anak muda dan mahasiswa yang tergabung dalam organisasi HPMM (Himpunan Pelajar Mahasiswa Massenrempulu). Para mahasiswa ini, mewawancarai para tokoh masyarakat atau masyarakat biasa yang punya atau bisa mengisahkan suatu cerita rakyat Massenrempulu.

Dari hasil penelitian dan wawancara tersebut terkumpul sebanyak 24 cerita rakyat Massenrempulu, yang direkam lalu kemudian di terbitkan dalam bentuk buku. Buku cerita rakyat ini tentu akan menambah khazanah folklore masyarakat Enrekang dan dapat memudahkan upaya pelestarian tradisi lisan kepada generasi muda.

Adapun ke 14 Cerita Rakyat dalam buku ini adalah :

·         Ca’dodong

·         Bellang Langi

·         Buttu Kabobong

·         La’bo Balida

·         Beristrikan Daun Pacar

·         Tumaling Pemberani dari Tuara

·         Ceba Kalasi

·         Tomanurung di Maiwa

·         Jarum

·         Dua Bersaudara Menjadi Batu

·         “Jalan Pintas” Lajana

·         Buntu Mataran dan Kutu

·         To Bu’tu ri Tallang

·         Ulat Berbulu

Pada bagian akhir buku, ada lampiran yang menguraikan nama nama para pengumpul (pewanwancara), informan (orang yang bercerita), pekerjaan informan, dan alamat informan. Juga ditampilkan biografi ringkas 7 orang anak muda pengumpul cerita dari rakyat Massenrempulu. Sayangnya karena buku ini tanpa ada satupun illustrasi yang dapat membantu membangun imajinasi para pembaca buku cerita ini.

Buku koleksi Layanan Perpustakaan Abdurrasyid Dg. Lurang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Selatan.



   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Takalar Kini dan Esok, Paradigma Baru Bupati Zainal

Buku : Takalar Kini & Esok, Paradigma Baru Bupati Zainal Editor : Andi Wanua Tangke dan Usman Nukma Penerbit : Pustaka Refleksi Te...

Popular Posts