Taman Bukit GOJENG di Sinjai


Taman purbakala bukit Gojeng adalah sebuah taman peninggalan prasejarah purbakala yang terdapat di desa Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Menurut para sejarahwan, taman ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan dulu merupakan tempat pelaksanaan ritual kerajaan atau keagamaan. Kalau dilihat dari struktur bebatuan yang ada disitu, seperti sebuah meja ditengah tengah dan dikelilingi oleh tempat duduk.
Kalau kita duduk ditaman ini, pemandangan laut teluk Bone dan kepulauan Sembilan nampak dikejauhan. Kita juga bisa melihat hamparan persawahan dan perkebunan penduduk kota Sinjai dan juga suasana kota Sinjai yang kecil. Ditaman ini selain bebatuan purbakala, juga bisa dilihat burung burung merpati dan jenis lainnya dipelihara dengan baik dalam sangkar besar. Terdapat juga rumah tradisional Bugis yang dijadikan semacam museum kecil, dan banyak gazebo tempat duduk menikmati pemandangan yang indah. Anak anak juga senang berada ditaman ini, karena banyak tempat permainanan, seperti ayunan, seluncuran dan tempat panjatan yang aman bagi anak anak.
Untuk mencapai taman ini, cukup mudah. Ongkos ojek motor ketempat ini cukup 5000 rupiah dari kota Sinjai. Mobil juga bisa sampai ketempat ini, hanya saja tempat parkir yang agak susah, karena sempit. Harga tiket masuk juga murah, kalau tidak salah 1500 – 2000 rupiah. Kalau sore hari banyak anak muda menjadikan taman ini tempat memadu kasih.

Gambar: dari Google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tim Pembinaan Perpustakaan Untuk Layanan Lebih Baik

Pembinaan Perpustakaan adalah salah satu upaya pemerintah meningkatkan layanan perpustakaan kepada masyarakat umum, sehingga layanan perpust...

Popular Posts