Makassar, Sulawesi Selatan







Kota Makassar adalah ibukota provinsi Sulawesi Selatan adalah salah satu kota tua yang ada di Indonesia dengan luas wilayah 45.519 km2 dengan jumlah penduduk kurang lebih 8 juta jiwa. Bandar Udaranya bernama Bandar udara internasional Sultan Hasanuddin yang merupakan bandar udara termegah di Indonesia kawasan timur. Antara pusat kota dengan Bandara dihubungkan oleh jalur jalan tol dan dapat ditempuh hanya sekitar 15 menit saja.

Kota Makassar memiliki 12 pulau yang indah yang dapat dijadikan tujuan wisata bahari. Ada pulau Samalona dengan pasir putih dan terumbu karang yang indah. Banyak penyelam yang datang ke pulau ini untuk melakukan diving, snorkeling atau sekedar berenang dipantainya. Ada pulau Khayangan, pulau Barrang Lompo, pulau Kodingareng dll. Di kota ini juga ada dua benteng besar yaitu Benteng Forth Rotterdam yang terkenal dan benteng Somba Opu. Monumen Mandala adalah salah satu obyek wisata lainnya di Makassar. Monumen ini dibangun untuk mengenang perang pembebasan Irian Barat (sekarang Papua dan Papua Barat) tahun 1963. Monumen ini terletak ditengah tengah kota, tepatnya di Jalan Jend. Sudirman, tidak jauh dari Karebosi yang merupakan alun alun kota Makassar. Monumen Mandala dilengkapi dengan panggung pertunjukan, dan disekitarnya banyak terdapat hotel dan café, biro perjalanan, pusat jajanan dan perbelanjaan. Makassar juga memiliki dua museum, yaitu Museum Kota yang terletak di jalan Balaikota dan Museum I La Galigo yang terdapat pada salah satu gedung di benteng Forth Rotterdam.

Bagi anda yang menyukai wisata religi juga dapat dilakukan di kota Makassar. Ada Masjid Al-Markaz Al-Islami dan Masjid Raya yang saling berdekatan. Ada masjid Al-Hilal di Katangka yang merupakan masjid tertua di Sulawesi Selatan. Makam Syech Yusuf di Ko’bang yang telah diangkat sebagai seorang pahlawan nasional oleh pemerintah. Ada Makan Raja raja Tallo dan Makam Sultan Hasanuddin di daerah Gowa.

Di Makassar ada beberapa pantai yang ramai dikunjungi terutama saat liburan. Pantai Losari yang terkenal yang terletak dipusat kota dimana kita bisa menikmat sunset disini. Pantai Losari sering dijadikan arena pertunjukan musik dan arena promosi. Disekitarnya tersedia banyak restoran khas Makassar, dan saran perahu bebek dan banana boat sehingga pengunjung apat menyaksikan kota Makassar dari arah laut. Ada pantai Akkarena, dan Pantai Tanjung Bayam dibagian barat kota. Pelabuhan Paotere juga dapat dikunjungi, untuk menyaksikan kesibukan perahu perahu nelayan tradisional dan pedagang yang berlayar sampai ke Kalimantan dan pulau lain di Indonesia. Ada “Trans Studio” yang merupakan Disneyland mini yang ada di Makassar yang merupakan magnet baru pariwisata di Indonesia Timur. Wisata kuliner juga dengan mudah dijumpai di kota Makassar. Makanan khas Makassar seperti coto Makassar, Pisang Epe, Es Pisang ijo, Pallu Butung dll, dapat dijumpai dengan mudah di sekitar pantai Losari.

Sumber foto: fkmtsi.blogspot.com, kemenag.go.id., metagini.com., thetravelworld.com., srwahyuni.blogspot.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tim Pembinaan Perpustakaan Untuk Layanan Lebih Baik

Pembinaan Perpustakaan adalah salah satu upaya pemerintah meningkatkan layanan perpustakaan kepada masyarakat umum, sehingga layanan perpust...

Popular Posts