Obat Pilek Untuk Bayi



Ibu ibu seringkali kebingungan saat bayinya kena pilek. Bingung karena tidak yakin apa yang harus dilakukan. Tidak mungkin dikasi minum obat pilek anak. Ketika anak saya yang pertama masih bayi, juga pernah kena pilek. Hidungnya beringus dan kalau tidur seperti sedang mengorok. Mertua saya kemudian memberikan resep sebagai berikut: ambil satu ruas bangle secukupnya, kupas dan cuci bersih, bawang merah satu siung, cengkeh beberapa biji dan kapulaga secukupnya. Semua bahan ini ditumbuk halus dan kemudian ditempelkan pada ubun ubun bayi. Sebaiknya pada saat bayi sedang tidur. Obat yang telah ditumbuk sebaiknya hanya sekali pakai, jadi tidak perlu banyak, yang penting bisa menutupi ubun ubun bayi. Alhamdulillah, anak saya bisa sembuh keesokan harinya, dan sembuh total pada hari kedua pengobatan.

Bahan bahan ini semua ada dipasar tradisional. Bahkan juga ada dijual di toko retail modern semacam Carrefour, Hypermart, Lotte dll. Biasanya pada bagian rempah rempah atau bagian “herbal medicine” atau jamu jamuan. Selamat mencoba!

Catatan/ Note: Bangle (Zingiber purpureum roxb), bawang merah (Allium cepa), Cengkeh (Syzygium aromaticum), Kapulaga (Amamum campactum soland)

Foto: koleksi pribadi

1 komentar:

Tim Pembinaan Perpustakaan Untuk Layanan Lebih Baik

Pembinaan Perpustakaan adalah salah satu upaya pemerintah meningkatkan layanan perpustakaan kepada masyarakat umum, sehingga layanan perpust...

Popular Posts