Tentang Penyakit Asam Urat





Penyakit asam urat (arthritis gout) adalah penyakit yang menyerang persendian. Persendian terasa sangat nyeri dan serasa terbakar dan membengkak. Biasanya akan terasa sakitnya pada saat bangun dipagi hari terutama saat kaki yang terkena serangan akan diturunkan dari tempat tidur. Peyakit asam urat ini disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah yang menyebabkan terjadinya penumpukan kristal endapan asam urat pada persendian kita sehingga menimbulkan rasa sakit. Tingginya kadar asam urat dalam darah akan menyebar ke dalam rongga persendian yang mengakibatkan terjadinya peradangan yang akut. Daerah yang paling sering diserang adalah persendian jari kaki, lutut, siku sendi jari tangan.

Menurut sejarahnya, penyakit ini sudah ada sejak 2000 tahun lalu dan termasuk daftar penyakit tertua yang diidap manusia. Pada zaman dahulu, penyakit ini disebut “penyakit orang kaya” karena hanya orang kaya yang terkena asam urat. Kebiasaan para orang kaya waktu itu adalah mengomsumsi makanan dan minuman yang enak enak seperti kaldu daging, otak, hati, paru dan minuman beralkohol. Sekarang ini hampir semua kalangan bisa terkena asam urat. Namun menurut para ahli, laki laki lebih banyak yang terserang asam urat dibandingkan dengan perempuan.

Penyakit asam urat sangat erat kaitannya dengan pola makan. Kebiasaan makan makanan yang mengandung purin tinggi akan memicu tingginya kadar asam urat. Semakin tinggi zat purin dalam makanan maka akan semakin tinggi pula kadar asam urat dalam darah. Kadar asam urat dalam darah untuk laki laki normalnya 3,4 – 7 mg/dl, sedangkan untuk perempuan 2,4 – 6 mg/dl. Kalau kadar asam urat laki laki lebih dari 7 dan perempuan lebih dari 6 maka bisa dikatakan mereka terkena penyakit asam urat.

Pengaturan pola makan bagi penderita asam urat sangat penting. Penderita harus diet rendah purin. Kandungan purin dalam berbagai jenis makanan dapat dibagi 3 kategori. Ada yang kandungan purinnya tinggi, ada yang sedang dan ada yang rendah.

Jenis makanan tinggi zat purinnya (100-1000 mg/100g bahan makanan) antara lain:
- Jeroan (hati, usus, babat, paru, jantung) dan otak.
- Kaldu daging ekstrak, daging bebek, angsa dan burung, daging kambing
- Kerang-kerangan, kepiting, cumi cumi, ikan salmon, mackarel, sarden
- Makanan yang diawetkan seperti ikan kaleng (sarden), kornet, kaldu
- Sayuran tertentu seperti asparagus, buncis, kembang kol, daun jambu mente, sawi, jamur, nenas, durian, apukat dan air kelapa
- Ikan kering, teri
- Krim dan Es Krim
- Minuman beralkohol seperti bir, wiski, anggur, tuak, ragi dan hasil fermentasi lainnya.

Jenis jenis makanan diatas seharusnya dihindari bagi penderita asam urat.

Jenis makanan yang sedang kadar purinnya (9-100 mg/100g bahan makanan) adalah:
- Daging sapi dan ikan (kecuali ikan yang masuk kategori tinggi purin), ayam, udang
- Kacang kering dan olahannya seperti tahu, tempe, asparagus, bayam, daun singkong, kangkung dan daun/ biji melinjo
Jenis makanan ini harus dibatasi, tidak dikonsumsi setiap hari dan kalau dikonsumsi jumlahnya sedikit saja.

Makanan yang purinnya rendah (dapat diabaikan) dan dapat dikonsumsi setiap hari oleh para penderita asam urat antara lain:
- Nasi, ubi, singkong, jagung, mie, bihun, tepung beras, kue kering, cake, puding, susu, keju, telur, minyak, gula, sayur dan buah-buahan (kecuali yang masuk kelompok purin tinggi dan sedang) Namun harus diingat bahwa penderita asam urat juga seharusnya mengurangi konsumsi makanan berlemak, karena lemak cenderung menghambat pengeluaran asam urat. Penderita disarankan banyak minum air putih dan jus buah, karena cairan dapat membantu mengeluarkan zat purin melalui air seni (urin). Menurut pakar herbal Prof. Hembing, sayuran dan buah-buahan yang bagus untuk dikomsumsi bagi penderita asam urat yaitu: buah pare, seledri, wortel, labu, selada, ketimun dan buah semangka, melon, blewah, belimbing manis, jambu air buahan lain (selain yang masuk kategori purin tinggi dan sedang).

(Tulisan ini disarikan dari berbagai sumber lainnya)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kuil Hadrian di Kota Kuno Ephesus, Turki

Kuil Hadrian adalah salah satu gedung yang terindah yang masih tersisa di kota kuno Ephesus di   Provinsi Izmir, Turki. Kuil yang terletak d...

Popular Posts