Sydney Opera House






Gedung Sydney Opera House tidak diragukan lagi sebagai ikon kota Sydney atau bahkan Australia. Bangunan ini adalah mahakarya arsitektur abad ke 20 yang citranya telah dikenal diseluruh dunia. Gedung tempat pertunjukan seni, pameran dan kegiatan lainnya. Grand final ajang kontes Australian Idol yang pertama 2003 juga dilaksanakan disini. Pada saat Olimpiade musim panas 2000 lomba Triathlon dimulai dan diakhiri dipelataran gedung ini. Gedung ini dirancang oleh Arsitek asal Denmark Jørn Utzon, mulai dibangun pada tahun 1959 dan dibuka pertama kali untuk umum pada tahun 1973. Dibuka secara resmi oleh Ratu Elizabeth II pada tanggal 20 Oktober 1973. Jørn Utzon memenangkan kompetisi desain gedung pada tahun 1957 setelah mengalahkan 233 peserta dari 32 negara. Pada tahun 2003 Jørn Utzon menerima penghargaan Pritzker Prize, yang meupakan perhargaan tertinggi dibidang arsitek.

Gedung Sydney Opera House juga telah dijadikan sebagai “warisan budaya dunia” (World Heritage Site) oleh UNESCO pada tanggal 28 Juni 2007. Gedung Sydney Opera House berlokasi di Bennelong Point di kawasan pelabuhan Sydney, dekat dari jembatan Sydney Harbour Bridge, disebelah utara pusat kota Sydney, dan dikelilingi oleh kebun raya Royal Botanic Gardens.
Meskipun namanya “Opera House” namun gedung bukanlah dikhususkan untuk pertunjukan Opera karena merupakan tempat pertunjukan berbagai kegiatan seni yang tersibuk didunia, dimana ada lebih dari 1500 pertunjukan diadakan setiap tahun yang dihadiri oleh lebih dari 1,2 juta orang. Gedung ini juga dikunjungi oleh lebih dari 7 juta turis setiap tahun dan obyek wisata terpopuler di Australia. Gedung Sydney Opera House dikelola oleh Sydney Opera House Trust, dibawa kementrian Seni (Ministry of Arst) negara bagian New South Wales.

Sydney Opera House adalah gedung moderen berdesain ekspresionis, luasnya sekitar 1,8 hektar, panjangnya 183 m, lebar 120 m dan didukung oleh 588 rangka baja yang dibenamkan sedalam 25 meter dibawah permukaan air laut.

Di gedung megah ini juga terdapat sebuah studio rekaman, cafe, restaurant dan bar and penjual barang suvenir. Tersedia tour keliling gedung untuk umum termasuk tur kedalam gedung, panggung dan dibelakang panggung setiap hari. Ketika saya tinggal di Sydney, biasanya pada akhir pekan saya dan teman teman sering keliling disekitar gedung ini. Tempat favoritku di Mrs. Macquarie’s Chair, di kawasan Royal Botanical Garden, dimana kita bisa berfoto dengan latarbelakang Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge. Dalam penerbangan dari Denpasar ke Sydney dengan pesawat Qantas, ketika pesawat berada diatas perairan Sydney, maka pilot akan memperlihatkan kepada penumpang tentang Gedung Sydney Opera House, dengan sedikit memiringkan badan pesawat, dan mengumumkan (dalam bahasa Inggris), “Para penumpang yang terhormat, disebelah kanan anda, dapat anda saksikan Gedung Opera House dan jembatan Sydney Harbour Bridge yang terkenal……” Para pilot pun melakukan promosi pariwisata.

Gambar: Koleksi Pribadi dan sumberlain di web



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tim Pembinaan Perpustakaan Untuk Layanan Lebih Baik

Pembinaan Perpustakaan adalah salah satu upaya pemerintah meningkatkan layanan perpustakaan kepada masyarakat umum, sehingga layanan perpust...

Popular Posts