The University of New South Wales






Universitas New South Wales (the University of New South Wales (UNSW)) di Sydney adalah salah satu yang terbesar dan terbanyak mahasiswa internasionalnya di Australia. UNSW terdiri dari 120 school (jurusan), 5.349 staf dan tenaga akademis dan lebih dari 40.000 mahasiswa.

Sejak awal berdirinya, universitas ini secara aktif menerima pendaftaran mahasiswa asing (international). Mulai Juli 1951, universitas ini telah menerima mahasiswa mancanegara dengan beasiswa Colombo Plan. Sejak saat itu, UNSW telah memiliki reputasi sebagai universitas terbanyak menampung mahasiswa mancanegara. Pada tahun 2007, ada lebih dari 9000 mahasiswa asing dari 120 negara yang kuliah di UNSW.

Selama 40 tahun terakhir, UNSW telah mendapatkan reputasi internasional atas keunggulan riset dan pengajaran dalam bidang sains dan teknologi, commerce, kedokteran, seni dan humaniora, hukum dan profesional studies. UNSW adalah salah satu universitas yang unggul dibidang riset di Australia dengan reputasi internasional atas tingginya kualitas riset dan inovasi.

UNSW juga telah memperkenalkan banyak program baru dan pusat khusus untuk menggiatkan pengajaran dan riset dibidang bidang yang biasa tidak termasuk dalam jurusan (school), seperti; safety science, petroleum engineering, Aboriginal Law, cognitive science, drugs and alcohol research, marine science, women’s studies, automation, acoustic, public health, manajemen logistik, manajemen limbah, water policy, remote sensing, theatre studies, food science, mining engineering dan membrane technology.

UNSW memiliki tautan yang erat dengan penduduk Australia. Fakultas Kedokterannya memiliki banyak rumahsakit tempat praktek di Sydney dan daerah disekitarnya dalam wilayah New South Wales. UNSw terdiri dari beberapa akademi dan institute, yaitu: The Australian Defence Force Academy yang ada id canberra, College of Fine Arts (COFA), National Institute of Dramatic Art (NIDA) dimana artis Hollywood Nicole Kidman pernah belajar disini, School of Theatre, Film and Dance, School of Music, Music Education yang telah memperkaya kehidupan budaya di Sydney dan telah melaksanakan banyak kegiatan seni visual dan seni pertunjukan.

Ada 3 lokasi kampus UNSW, yang pertama dan utama adalah Kampus Kensington suatu kawasan bagian tenggara Sydney, sekitar 7 km dari pusat bisnis (CBD) Sydney, dan dengan mudah dapat dicapai dari berbagai daerah (suburbs). Gedung gedung yang ada di Kampus ini semuanya modern, dilengkapi dengan berbagai fasilitas olahraga dan rekreasi, cafetaria dan restoran. Di dalam kampus juga ada Toko Buku, Toko alattulis menulis (stationery) dan news agent (semacam toko majalah), Bank, salon kecantikan, apotek, Optik, biro perjalanan, toko yang menjual merchandise dan souvenir UNSW seperti kaos, jaket, gantungan kunci, boneka UNSW, mug, payung, dll. Di kampus juga sering diadakan pentas Drama, teater, pertunjukan Film, concert, bazaar (pasar murah) dan pertunjukan seni budaya Intrnational. Semasa saya kuliah di UNSW (2002-2004) saya sempat menyaksikan pertunjukan tari Bali, dan pentas musik Dandut dari Indonesia.

Kampus COFA (College of Fine Art) terletak di Paddington, salah satu kawasan bagian dalam Sydney yang banyak terdapat Galery Seni. Kampus ADFA (the Australian Defence Force Academy) berlokasi di ibukota negara Australia yaitu Canberra. Akademi ini adalah akademi Militer yang mendidik militer yang setara dengan program S1.

Perpustakaan kampus terletak di Kensington Campus bagian atas (upper), dengan jumlah koleksi lebih dari 2,6 juta item. Perpustakaan terdiri dari Bagian Layanan Umum; sirkulasi, pemesanan terbuka (open reserve), audiovisual (pandangdengar), fotocopy. UNSW juga memiliki 3 perpustakaan khusus: Biomedical Library, The Social Science and Humaties Library dan Physical Sciences Library. Arsip UNSW juga terdapat di Lantai dasar Perpustakaan. Di Arsip Universitas inilah saya melewatkan beberapa bulan melakukan minor research sebelum menyelesaikan study saya di UNSW. Setiap masa penerimaan mahasiswa baru, dilaksanakan program “Libray Tour” untuk memperkenalkan berbagai jenis layanan perpustakaan dan sumberdaya lainnya, sehingga mahasiswa baru tidak bingung menggunakan fasilitas yang ada di perpustakaan kampus.

Gambar: kampus COFA dan UNSW Kensingto diambil dari berbagai situs web dan foto pribadi

2 komentar:

Issu Kesetaraan Gender tenaga Pendidik Pra-sekolah

Setiap tingkatan pendidikan selalu ada tenaga pendidik atau guru laki laki. Namun ada tingkat pendidikan yang dapat dikatakan hampir pasti t...

Popular Posts