Jogging dari Coogee Beach ke Bondi Beach

Kota metropolitan Sydney di Australia termasuk kota yang memanjakan orang orang yang suka jalan kaki dan jogging. Di Sydney terdapat banyak taman yang ada track khusus untuk jalan atau jogging. Ada Centennial Park yang sangat luas, ada Moore park, ada Hyde Park, Cook and Philip Park, Belmore Park, Royal Botanical garden, Wentworth park, the Domain dan masih banyak lagi. Selama tinggal disana hampir tiga tahun, saya banyak menjelajahi tempat jogging tersebut, terkadang bersama teman Indonesia, kadang sama teman seapartemen dari negara lain dan kadang sendirian.

Salah satu track jogging yang saya paling sukai adalah dari Kingsford ke Coogee beach dan dari Coogee menyusuri tepian pantai yang indah sampai ke Bondi beach. Jaraknya kurang lebih 10 km. Cukup jauh, tapi karena pemandangannya indah, maka tidak terasa jauhnya. Biasanya setelah sampai di Bondi beach, saya dan teman menyempatkan diri fitness ditepian pantai. Ada tempat fitnes outdoor (diluar ruangan) yang terbuka untuk siapa saja yang mau latihan. Dari Pantai Bondi kami akan naik bus pulang ke Kingsford.
Pantai Bondi, Sydney
Dari Kingsford ke Coogee biasanya kami jalan kaki saja, soalnya jalannya agak menanjak. Setelah di Coogee baru kami jogging. Ada track khusus jogging dan jalan kaki dibangun dari Coogee ke Bondi menelusuri pinggir pantai dan bisa melihat langsung samudra Pacifik. Di Coogee ini ada sebuah monumen peringatan Bom Bali 1. Dari Coogee melewati Gordon Bay, sebuah teluk kecil yang rimbun yang biasa digunakan untuk scuba diving dan snorkeling. Kemudian ada pendakian berupa tangga yang cukup lebar. Kami juga melewati sebuah lapangan Lawn Ball, olahraga yang kalau saya amati hanya dimainkan oleh orang orang tua 50 tahun keatas dan selalu dengan pakaian serba putih.

Kemudian ada pantai Clovely yang sangat indah dan cocok untuk wisata keluarga. Disini ada kolam renang yang menyatu dengan laut. Dengan kata lain, air kolam adalah air laut juga, hanya didalam kolam. Selanjutnya ada Waverley Cemetery atau pekuburan Waverley dimana banyak orang terkenal Australia dimakamkan disini. Juga ada Bronte beach dan pantai kecil Tamarama. Pantai Tamarama ini tidak dianjurkan untuk berenang karena ombaknya kuat dan penuh batu karang yang tajam. Ada juga McKenzie Point dimana kita dapat menyaksikan sebuah karya seni Aborigin berupa pahatan bentuk ikan sebelum sampai ke tujuan akhir yaitu pantai Bondi. Kalau kita jogging pada musim dingin maka disepanjang pantai yang dilewati seringkali terlihat ikan paus yang sedang mencari perairan yang hangat. Bondi beach sangat terkenal karena sering menjadi tempat pelaksanaan kompetisi bola volli pantai, termasuk saat Olimpiade musim panas tahun 2000 lalu di Sydney. Saya masih ingat diujung pantai Bondi ada penjual es krim bermobil van, yang kalau kami beli teman yang lain pasti berkomentar, “loh habis jogging 10 km, langsung makan es krim…..wah bisa bisa berat badan ga turun turun nih..” (Sumber Gambar: Sydney-Australia.biz, worldofstock.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kuil Hadrian di Kota Kuno Ephesus, Turki

Kuil Hadrian adalah salah satu gedung yang terindah yang masih tersisa di kota kuno Ephesus di   Provinsi Izmir, Turki. Kuil yang terletak d...

Popular Posts