Obat Batuk Herbal Tradisional

Indonesia kaya akan tanaman yang berkhasiat sebagai obat. Orang Indonesia sudah sejak zaman dulu kala sudah menjadikan herbal sebagai obat obatan untuk berbagai macam penyakit. Ada beberapa tanaman yang dapat mengobati penyakit batuk antara lain: 1. Wortel (daucus carota). Cara pemakaian: wortel diparut kemudian diperas dengan air panas hingga ¾ gelas, diminum 2x sehari. 2. Mengkudu (morinda citrifolia). Buah mengkudu dan jeruk nipis diperas dimasukkan ke dalam 2 gelas air panas, lalu disaring untuk diminum 3x sehari. 3. Jahe (zingiber officinale). Jahe dibakar dan dimemarkan, direbus bersama adas, kayumanis, cengkeh dan gula aren. Setelah disaring, dapat diminum 3x sehari 4 sendok makan untuk dewasa, dan 3x sehari 2 sendok makan untuk anak anak. 4. Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia). Air perasan jeruk nipis ditambah madu. 5. Lidah buaya (Aloe vera). Empulur lidahbuaya dipotong kecil kecil kemudian dicampur dengan madu. Diminum 3x sehari 1 sendok teh.
6. Saga (abrus precatorius). Daun saga manis bersama kayumanis, cengkeh, adas, pulasari dan bawang merah serta gula batu, direbus, diminum 3x sehari 10 sendok makan untuk dewasa dan 1 sendok makan untuk anak anak.
7. Sembung (Blumea Balsamifera). Daun sembung dan daun jinten diiris iris direbus bersama cengkeh, kemukus, kapulaga, kayumanis dan adas sebanyak 3 gelas hingga tinggal 2½ gelas diminum 3x sehari 8 sendok makan untuk dewasa, 1 – 5 sendok makan untuk anak anak.
8. Sirih (piper betle). Daun sirih 5 lembar bersama cengkeh, kapulaga, kemukus dan kayumanis direbus. Diminum 3x sehari 8 sendok makan untuk dewasa dan 1 – 5 sendok makan untuk anak anak. 9. Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi). Segemgam bunga belimbing ditambah gula batudirebus dengan segelas air hingga tinggal ½ gelas diminum pagi dan sore.
10. Meniran (Phillanthus niruri). 3-4 tumbuhan lengkap ditumbuk halus direbus dengan 3 sendok makan air. Rebusannya dicampur madu 1 sendok makan, diminum sekaligus. 11. Kencur (Kaempheria galanga). Kencur dikunyah. (Tulisan ini disarikan dari Majalah INTISARI edisi April 2001) Sumber gambar: dhewacrimson.blogspot.com, herbalsehatindonesia.blogspot.com dan dari web lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Issu Kesetaraan Gender tenaga Pendidik Pra-sekolah

Setiap tingkatan pendidikan selalu ada tenaga pendidik atau guru laki laki. Namun ada tingkat pendidikan yang dapat dikatakan hampir pasti t...

Popular Posts