Floriade, Festival Bunga di Canberra, Australia

Floriade adalah salah atu festival bunga tahunan yang diselenggarakan di Canberra setiap tahun pada musim semi. Festival ini dilaksanakan di Commonwealth Park di Canberra ditepian danau Burley Griffith yang indah. Lebih dari satu dekade yang lalu, tepatnya tahun 2002, saya bersama rombongan mahasiswa University New South Wales, Australia berkunjung ke Festival ini. Kunjungan kami dikordinir oleh ISS (International Student Services) yaitu semacam lembaga kampus yang mengurusi para mahasiswa asing. Kami berangkat pagi pagi sekali dengan menggunakan bus besar. Sepanjang perjalanan kami juga singgah ditempat tempat tujuan wisata lainnya.
Floriade ini adalah semacam festival atau pameran bunga aneka warna yang diselingi juga aneka patung dan benda seni lainnya. Festival biasanya diselenggarakan pada musim semi di Australia yaitu September dan Oktober tiap tahun. Banyak sekali turis yang datang menyaksikan festival bunga ini, baik dari Australia sendiri maupun dari luar Australia. Floriade dianggap sebagai festival bunga terbesar dibelahan selatan bumi dengan jumlah pengunjung rata rata 300.000an tiap tahun. Festival ini dimulai sejak 1988 saat peringatan 75 tahun kota Canberra dan Dua abad (Bicentenary) pemukiman orang Eropa di Australia. Karena sangat terkenal sejak awal, akhirnya dirancang untuk diselenggarakan tiap tahun.
Persiapan Floriade sendiri sejak setahun sebelumnya, karena setiap kali penyelenggaraan, ada sekitar satu juta kuntum bunga berbagai jenis yang mekar. Pada saat kunjungan saya tahun 2002 lalu, bunga Tulip yang mendominasi. Persiapannya harus jauh jauh hari sebelumnya, karena jenis bunga dan warnanya harus dipetakan sedemikian rupa agar nampak indah kalau bunganya bermekaran.
Festival biasanya berlangsung selama sebulan. Setelah festival selesai, maka bunga bunga yang masih segar akan diserahkan lembaga sosial atau ke rumahsakit. Jika anda ingin berkunjung ke Canberra, usahakan sekitar bulan september – okbtober supaya dapat menyaksikan bunga bunga indah bermekaran di Commonwealth Park.
Disarikan dari berbagai sumber; wikipedia dan sumber lain, Gambar; koleksi pribadi dan beberapa gambar dari hasil pencarian di Google images.

2 komentar:

  1. Salam... Macam mana nak ke Canberra?

    BalasHapus
  2. kalau dari Kuala Lumpur, ambil flight ke Sydney, kemudian naik Train atau Autobus ke Camberra.

    BalasHapus

Kuil Hadrian di Kota Kuno Ephesus, Turki

Kuil Hadrian adalah salah satu gedung yang terindah yang masih tersisa di kota kuno Ephesus di   Provinsi Izmir, Turki. Kuil yang terletak d...

Popular Posts