Joseph Conrad dan Perkenalannya dengan Perantau Bugis




Joseph Conrad adalah seorang penulis Polandia kelahiran Rusia yang kemudian pindah ke Inggris dan menjadi warga negara Inggris Raya. Nama aslinya Józef Teodor Konrad Korzeniowski lahir pada 3 December 1857. Meskipun berkewarganegawaan Inggris namun Conrad tetap menganggap dirinya orang Polandia. Conrad dianggap sebagai salah satu penulis terkenal dari Inggris, meskipun sebenarnya dia tidak fasih berbahasa Inggris sampai umur duapuluhan. Dia banyak menulis novel dan cerita pendek yang bersetting pelayaran dan kebaharian. Hal ini karena dia bekerja sebagai kru kapal Inggris yang mengarungi samudra pada abad ke-19 -20.




Kapal Inggris tempatnya bekerja sempat berkeliling Asia Tenggara dan Conrad sempat berkenalan dengan para perantau Bugis diberbagai tempat yang dikunjunginya. Salah satu novel yang ditulisnya berjudul “Lord Jim” (Tuan Jim) yang bersetting disalahsatu pulau di Hindia Belanda (Indonesia) bernama Patusan (nama daerah khayalan) yang diperkirakan di Sumatra atau Kalimantan. Diperkirakan bahwa Joseph Conrad berkenalan dengan para perantau Bugis itulah, sehingga dalam novel “Lord Jim” ini banyak disebutkan tentang pemukim Bugis, suku Bugis dan sebagian tokohnya adalah nama Bugis, misalnya Dain Waris (Daeng Waris) dan Doramin (Abdul Rahim). Ada juga yang memperkirakan negeri Patusan itu sebenarnya adalah Serawak (Malaysia) yang menurut sejarahnya memang pernah dipimpin oleh raja berkulit putih (ras Caucasia) bernama James Brooke. Karena nama James ini dipanggil Tuan Jim atau dalam bahasa Inggris disebut Lord Jim seperti nama judul novelnya.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tim Pembinaan Perpustakaan Untuk Layanan Lebih Baik

Pembinaan Perpustakaan adalah salah satu upaya pemerintah meningkatkan layanan perpustakaan kepada masyarakat umum, sehingga layanan perpust...

Popular Posts