Death in the Clouds (Maut Di Udara)



Death in the Clouds, novel karya si Ratu Novel Detektif, Agatha Christie. Novel ini bercerita tentang terbunuhnya salah seorang penumpang pesawat komersil yang terbang dari Paris ke Croydon (Inggris Raya). Salah satu penumpangnya adalah Hercule Poirot yang dengan kemampuan menggunakan sel sel kelabu diotaknya membantu pihak kepolisian menemukan pembunuhnya. Sebagaimana novel novel Agatha Christie yang lain, membaca novel ini juga membuat kita terus bertanya tanya, siapa gerangan 'pembunuhnya'? Banyak detail yang mesti diperhatikan dengan seksama untuk mengikuti alur pengungkapan kasus pembunuhan ini. Mulai dari siapa siapa yang diuntungkan dengan kematian korban, barang apa saja yang dibawa oleh para penumpang lainnya, bagaimana masa lalu korban dan lain lain. Kisahnya agak rumit karena melibatkan masa lalu puluhan tahun silam, dan kejadian kejadian lain di beberapa negara.



Membaca novel ini, juga membawa kita ke suasana penerbangan komersil lebih dari 80 tahun silam, khususnya di negara negara Eropa. Pesawat penumpang yang menerbangi rute Paris - Croydon (Inggris) hanyalah pesawat kecil  berbaling baling dengan jumlah penumpang sekitar 20 orang. Dalam novel juga masih mengandalkan penggunaan Telepon, Telegram dan Telefoto dalam komunikasi antar tokohnya. Bisa dibayangkan seandainya Agatha Christie hidup di zaman now, mungkin akan banyak ditulis di novel novelnya tentang penggunaan e-mail, whatsapp, instagram, facebook, path, pinterest, linkedin dan media sosial lainnya.



Novel novel Agatha Christie (1890 - 1976) laris manis diseluruh dunia, dan telah diterjemahkan kedalam lebih dari 100 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Agatha Christie telah menulis 66 novel detektif, 14 Cerita Pendek, drama, dan autobiografi. Semasa hidupnya, banyak melakukan perjalanan ke timur tengah, seperti Mesir, Suriah, Yordania karena mengikuti suaminya yang seorang ahli arkeologi. Banyak juga novelnya yang tercipta dengan setting negara negara yang pernah dia kunjungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Issu Kesetaraan Gender tenaga Pendidik Pra-sekolah

Setiap tingkatan pendidikan selalu ada tenaga pendidik atau guru laki laki. Namun ada tingkat pendidikan yang dapat dikatakan hampir pasti t...

Popular Posts