Bacaan Bagus di Bulan Ramadan



Buku Pintar Praktis Tarhib & Amaliah Ramadhan oleh H.M. Ridwan Yahya, Lc. MA., dan “Awareness of Ramadan” oleh Nanang Qosim Yusuf. Kedua buku ini bisa menjadi bacaan yang bagus selama bulan suci Ramadan ini, selain membaca Al-Quran. Buku pertama membahas amaliah ramadan secara umum, pengertian dan makna tahrib, mulai dari bagaimana penetapan Ramadan, makna dan hakikat ramadan, keutamaan bulan ramadan, kebiasaan buruk dibulan ramadan, apa apa saja yang perlu dilakukan dibulan ramadan, tipe tipe manusia menyambut ramadan, wanita dibulan ramadan, sejarah, definisi dan landasan hukum puasa, itikaf, lailatul qadar, idul fitri, sampai indikasi keberhasilan pasca ramadan, termasuk juga hadis hadis bermasalah seputar ramadan. Buku ini sangat tepat menjadi bacaan wajib dibulan Ramadan seperti saat ini. (Penerbit Pustaka Nawaitu, 2004, 200 Halaman)



Buku kedua “Awareness of Ramadan  juga sangat menarik. Oleh penulisnya dibagi menjadi 3 bagian utama yaitu: MIND (tafakur), WISDOM (tadabur) dan SURRENDER (appreciation of life). Masing masing bagian ini sebaiknya dibaca pada 10 hari pertama, 10 hari kedua dan 10 hari terakhir Ramadan, sehingga diharapkan tamat pada akhir ramadan. Membaca buku ini membuat kita banyak merenung akan arti kehidupan yang sesungguhnya dan tentu diharapkan olrh penulisnya setelah membaca bukunya, maka kita akan menjadi pribadi pribadi yang lebih baik, sebagaimana sub-judulnya ‘mengaktifkan kesadaran diri menjadi manusia diatas rata rata’. Namun ada sedikit kekurangan dari buku ini (kalau mau disebut kekurangan) yaitu banyak kata kata kutipan (quotation), motivasi dan inspirasi yang ditulis dalam bahasa Inggris dan tidak ada terjemahannya dalam bahasa Indonesia.  Tapi secara umum, buku ini sangat menarik dan ‘recommended’ bagi anda yang mencari bahan bacaan dibulan suci Ramadan ini. (Penerbit Gramedia Pustaka Utama, 2008, 285 Halaman). Kedua buku ini adalah koleksi pribadi. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Cerdas Sulawesi Selatan, Bunga Rampai Pengetahuan tentang Sulawesi Selatan

Judul:                         Buku Cerdas Sulawesi Selatan Penulis:                       Shaff Muhtamar Penerbit:                     ...

Popular Posts