Reuni Kelas IPA 1 SMA 1 Watampone

Momen bahagia bersama teman sekelas dulu di SMA

"Happiness is being with an old friend after a long time and feeling like nothing has changed."  Kata kata ini pernah saya catat pada buku catatan saya. Saya tidak tahu siapa yang pertama mengatakannya, karena memang tidak disebut sumbernya di internet. Tapi yang jelas, bahwa kata kata ini sungguh tepat menggambarkan perasaan kita saat bertemu dengan teman teman lama, teman teman masa sekolah di SMA terutama teman teman sekelas. Ada perasaan bahagia dan gembira luar biasa, bisa bertemu kembali dan bercanda kembali dengan mereka, dan seperti tak ada yang berubah, meskipun sudah puluhan tahun tidak bertemu. Ya, meskipun kami semua sudah berusia diatas 50 tahun, namun saat bertemu dengan teman sekelas di SMA, rasanya kami menjadi remaja kembali, penuh semangat, saling berbagi cerita, pengalaman lucu dan seru, bernostalgia tentang masa masa indah di SMA. 

Bersama teman sekelas perempuan

Kami alumni 1986 SMA Negeri 1 Watampone, Bone, khususnya dari kelas IPA 1 baru saja melaksanakan reuni di kawasan air terjun Bantimurung, Maros. Perencanaan acara reuni ini sudah beberapa bulan lalu. Pertemuan dengan teman teman sekelas sebenarnya kadang kami lakukan, meski tidak secara resmi, terutama yang tinggal satu kota. Kecanggihan teknologi cellular memudahkan kita untuk saling kontak, kirim berita, kirim foto, dan berinteraksi lainnya dengan teman teman. Tapi tentu saja hanya sedikit saja yang turut berpartisipasi dalam setiap kegiatan, karena kesibukan masing masing.

Jumlah siswa Kelas IPA 1 Alumni 1986 SMA 1 Watampone sebanyak 45 orang, yang paling sedikit diantara 10 kelas alumni 86. Diantara ke-45 alumni, 2 orang sudah berpulang ke haribaan-Nya yaitu Shahibuddin dan Muhsar. Alumni kelas IPA 1 lainnya tersebar diberbagai daerah di Indonesia, terutama Sulawesi Selatan, mencari penghidupannya masing masing. Profesi juga bermacam macam, ada Pengusaha swasta, ada TNI (Tentara Nasional Indonesia), ada ASN (Aparatur Sipil Negara), ada Pengacara, ada di BUMN, ada guru, ada di bidang Pariwisata, dan ada pula yang Ibu rumah tangga biasa. Begitulah kehidupan kita semua… setiap jalan kehidupan sudah ditentukan oleh-Nya. 

Bersama Malik, ketua kelas kami di IPA 1
Tanggal 25 Desember 2019, pagi pagi, saya ke Jalan Aroepala, Gowa, menjemput teman Aryanti Rasyid didepan sebuah minimarket. Tepat jam 8 Yanti diantar suaminya datang, dan kami pun menuju Bantimurung, sebelumnya singgah di Perumahan Dosen Antang Makassar menjemput teman lainnya; Hj. Rahmatia. Perjalanan Makassar ke Bantimurung dilewatkan dengan cerita dan kisah masa masa SMA dulu. Kami juga membawa membawa berbagai macam pernak pernik Reuni, ada spanduk, balon balon huruf dan angka, dan lain lain. Ketika kami bertiga tiba di Lokasi, yaitu salah satu rumah peristirahatan di dalam area air terjun Bantimurung, teman kami 3 orang sudah ada dilokasi, ada Eddy Mappa dan istrinya (Hj. A. Sohra, teman alumni 86 juga, tapi kelas IPA 3 SMA 1 Watampone) dan satu lagi A. Walinono. 

Karena cukup lama menunggu rombongan dari Bone, saya memutuskan jalan jalan sendiri kearah Air terjun, dan bagian atas air. Ternyata cukup banyak turis lokal yang berjalan jalan menyusuri sungai kecil yang airnya menjadi air terjun Bantimurung. Ada jalan setapak selebar kurang lebih satu meter telah dibangun oleh pengelola, diantara pepohonan ditepi sungai. Ada juga beberapa warung kecil sepanjang jalan. Setelah sampai diujung, sebelum naik kearah pintu Gua Mimpi, saya pun berbalik pulang ke pondokan. Tentang Gua Mimpi, saya juga pernah menelusurinya beberapa tahun silam bersama 2 orang teman. 

duduk melingkar berbagi kisah indah di SMA
Ada 2 rombongan mobil dari kota Watampone juga yang bergabung dengan kami, 1 mobil atas nama Marhuddin sekeluarga, 1 mobil lagi rombongan H. Amir bersama Malik, St. Alang, Nurfaidah, dan Arsyad. Sedangkan dari kota Makassar, ada H. Aminuddin (mimin) dan A. Aminullah, Sudirman, dan A. Elias (Petta Lurah). Ada juga dari jauh, Samarindah, yaitu A. Marliana (Lia) bersama keluarganya. Jadilah kami 16 orang teman sekelas reuni di Bantimurung. Sebagian diantara mereka baru pertama kali bertemu setelah 33 tahun terpisah. Bisa dibayangkan bagaimana perasaan masing masing saat pertama bertemu. Yang pasti ada rasa bahagia, dan ada juga rasa haru. Begitu banyak rencana yang saya sendiri rasanya mau obrolkan dengan teman teman sekelas yang puluhan tidak bersua, tapi ketika bertemu, ternyata terlupa…. "Sometimes, even when you're having a good time, you can't help but stop and think about how much you miss the old times." — Unknown

Sebelum pulang... dengan kenangan masing masing
Di dalam pondokan, kami duduk berkumpul, melingkar, berbincang bincang, mendoakan teman yang telah berpulang kerahmatullah, membicarakan teman lain yang belum sempat hadir, mendiskusikan rencana Reuni Akbar Nasional SMA 1 Watampone sambil makan makan, minum kopi dan teh dan menikmati cemilan lainnya. Setelah itu ada seksi foto foto bersama. Foto berdua, bertiga, sambil menikmati keindahan alam Bantimurung. 

duduk istirahat ditengah perjalanan...
Waktu berjalan terasa begitu cepat, sore pun tiba, kami pun siap siap berpisah dan pulang kerumah masing masing. Rombongan teman yang dari Bone, lebih cepat pulang, karena mengingat musim hujan yang kadang turun deras. Teman teman khawatir perjalan terganggu diperjalanan saat hujan deras. Dan benar saja, hujan turun saat kami dalam perjalan pulang ke Makassar. Rinai hujan membasahi bumi, juga membasahi hati kami yang masih terbawa kenangan indah reuni yang baru saja kami laksanakan….. Semoga saja kami tetap dalam lindungan-Nya agar suatu hari nanti dapat berkumpul kembali dengan teman teman sekelas kami dari IPA 1. Amin ya rabbal alamin…. "The pain of parting is nothing to the joy of meeting again." — Charles Dickens


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tim Pembinaan Perpustakaan Untuk Layanan Lebih Baik

Pembinaan Perpustakaan adalah salah satu upaya pemerintah meningkatkan layanan perpustakaan kepada masyarakat umum, sehingga layanan perpust...

Popular Posts