Toraja Warisan Dunia


Buku : Toraja Warisan Dunia
Penulis : Muhammad Natsir Sitonda
Penerbit : Pustaka Refleksi, Makassar 2007
Jumlah Halaman:  viii + 96
ISBN : 979-3570-15-6

Toraja dengan segala keunikan adat istiadatnya adalah pokok bahasan buku ini. Keunikan adat istiadat Toraja ini sudah sangat terkenal di Nusantara bahkan sudah mendunia dan menjadi World Heritage (Warisan Dunia). Penulisan buku ini dimaksudkan sebagai bahan sumber informasi bagi siapa saja yang berminat mengetahui adat dan budaya Toraja.

Diawali dengan asal usul ethnic Toraja, tentang kedatangan leluhur merka dari selatan melalui Sungai Saddang. Pada bagian ini, penulis mengutip hasil penelitian ahli Antropologi Budaya dari Universitas Hasanuddin Makassar, C. Salombe tentang asal muasal suku Toraja, dari sumber cerita rakyat dan tradisi lainnya. 

Pada bagian selanjutnya, penulis membahas bagaimana suatu daerah, suku, situs atau adat budaya bisa menjadi Warisan Dunia (World Heritage) dengan mengajukan kriteria tertentu sehingga layak disebut warisan dunia.  Juga dibahas contoh warisan dunia yang ada di Indonesia misalnya Taman Nasional Ujung Kulon, Taman Nasional Komodo, Sangirang, Borobudur, Prambanan dan lain lain.

Peninggalan budaya, situs dan monumen sebagai bagian dari suatu warisan dunia. Peninggalan leluhur Toraja, misalnya bangunan Rumah, lumbung padi, tempat persemayaman mayat, menhir, patung, rante (tempat upacara), dan upacara adat. 

Pada bagian akhir, dibahas tentang upacara adat Rambu solo dan prosesnya. Dimulai dari pertemuan keluarga, pembuatan pondok upacara, persediaan peralatan upacara, petugas upacara, perataan upacara pemakaman, termasuk kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari perkabungan.

Buku ini bisa menjadi sumber inforamasi yang tepat bagi siapa saja yang tertarik meneliti tentang adat budaya Toraja, terutama tradisi kematian (Rambu Solo) yang unik. 

Buku koleksi Perputakaan Abdurrasyid Daeng Lurang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Takalar Kini dan Esok, Paradigma Baru Bupati Zainal

Buku : Takalar Kini & Esok, Paradigma Baru Bupati Zainal Editor : Andi Wanua Tangke dan Usman Nukma Penerbit : Pustaka Refleksi Te...

Popular Posts