Arsitektur Tradisional Rumah Adat Bugis


Arsitektur Tradisional Rumah Adat Bugis - Makassar (Suatu Tinjauan Arkeologis). Buku karya bapak Ama Saing, mantan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, diterbitkan oleh Indhira Art 2010. Buku ini sebenarnya adalah pengembanan skripsi bapak Ama Saing ketika masih mengikuti perkuliahan di Jurusan Arkeologi, Fakultas Ilmu Budaya (Sastra) Universitas Hasanuddin.

Buku setebal 124 halaman ini membahas tentang falsafah dan pandangan hidup orang Bugis dan Makassar tentang rumah, tata cara pendirian rumah baru, bahan yang diperlukan dalam pendirian rumah dan lain lain. Tipe tipe rumah Bugis dan Makassar juga dibahas, termasuk konstruksi kaki rumah, badan rumah, atap rumah. Buku ini dilengkapi dengan illustrasi bentuk dan ukuran bagian bagian rumah adat. Juga dalam buku ini dibahas tentang strata sosial masyarakat Bugis dan Makassar.

Bagi anda mahasiswa Arsiitektur atau jurusan lain yang ingin meneliti tentang rumah Bugis dan Makassar, maka buku bisa menjadi bahan rujukan. Buku ini bisa dibaca di perpustakaan Abdurrasyid Dg. Lurang, Perpustakaan (DPK Sulsel) di Jl. Sultan Alauddin, ruang baca Arsip di Unit Kearsipan DPK Sulsel Tamalanrea, atau diperpustakaan kabupaten kota di Sulawesi Selatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tim Pembinaan Perpustakaan Untuk Layanan Lebih Baik

Pembinaan Perpustakaan adalah salah satu upaya pemerintah meningkatkan layanan perpustakaan kepada masyarakat umum, sehingga layanan perpust...

Popular Posts