Pappaseng, Wujud Idea Budaya Bugis - Makassar


Buku "Pappaseng, Wujud Idea Budaya Bugis - Makassar" disusun oleh Abdul Rahim, dan editor: H.M. Syuaib Mallombassi, diterbitkan oleh Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan, 2012. Buku setebal 180 halaman ini berisi pesan pesan moral para kaum intelektual Bugis dan Makassar dari jaman dahulu. Ada 10 tokoh cendekiawan yang ada pesan, petuah, nasehat dalam buku ini, yaitu Puang Ri Maggalatung, La Bungkace To Udama Matinroe ri Kannana, Kajao Laliddong, Nene' Allomo ri Sidenreng, Aru Bila, To MaccaE ri Luwu, Karaeng MatoaE, To Tabba ri Ana' Eppona, Puang Takke Buku Arung Enrekang, dan Karaeng Pattingalloang. Juga ada pesan pesan dari 'to riolo' (orang orang dahulu) yang mungkin tidak jelas siapa individu yang mengucapkan pertama kali pesan pesan tersebut. 


Bagi anda yang tertarik untuk menkaji kearifan lokal, Buku ini bisa dibaca di Perpustakaan Abdurrasyid Daeng Lurang, Sungguminasa, Gowa, pada bagian referensi, lantai 2.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kuil Hadrian di Kota Kuno Ephesus, Turki

Kuil Hadrian adalah salah satu gedung yang terindah yang masih tersisa di kota kuno Ephesus di   Provinsi Izmir, Turki. Kuil yang terletak d...

Popular Posts