Permainan Rakyat Sulawesi Selatan


Buku:  Permainan Rakyat Sulawesi Selatan
Editor: Gunawan Monoharto – Yudisthira SukatanyaPengantar: H. Ajeip PadindangIllustrator: Zainal BetaPenerbit: La Macca Press, Makassar 2003ISBN: 979-97452-1-7

Ditengah serbuan gadget dan peralatan elektronik digital dalam kehidupan sehari hari kita, permainan tradisional semakin terlupakan. Begitu banyak permainan tradisional dari ke-4 suku utama di Sulawesi Selatan yang dulu marak dimainkan, sekarang sudah ditinggalkan. Hampir pasti, anak anak zaman sekarang tidak mengetahui berbagai macam permainan tradisional Sulawesi Selatan. Mungkin hanya yang tinggal di kampung kecil yang jauh dari jaringan seluler yang masih memainkan permainan tradisional. 

Tujuan utama penulisan buku ini untuk mendokumentasikan berbagai macam permainan tradisional Sulawesi Selatan agar generasi muda dan generasi selanjutnya akan tetap mampu mempertahankan dan memainkannya. Permainan dalam buku ini didefinisikan sebagai tradisi suatu kelompok  masyarakat yang mengandung unsure olahraga sekaligus seni. Seperti yang dikatakan H. Ajeip Padindang pada pengantar buku ini, bahwa permainan rakyat bukan sekedar ajang bermain main. 

Ada 36 jenis permainan tradisional dibahas dalam buku ini. Pembahasannya meliputi, bagaimana permainan itu dimainkan, siapa saja yang biasa mainkan (laki laki atau perempuan, anak anak atau dewasa), sejarahnya, nama permainan dalam bahasa lain misanya Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja, berapa orang yang biasa mainkan, waktu permainan ini dimainkan dan lain lain. 

Adapun permainan rakyat yang dibahas dalam buku ini yaitu:

1.   Aqraga (Maqraga)2.   Attaba Lisere Camba3.  Appaddekko4.  Beklam (Bekkel)5.  Galla (Gallarang)6.  Mabbangnga’ (Attaruq)7.  Maccubbu-cubbu (Accokko-cokkoang)8. Maccukke (Accangke)9. Maggalaceng (Aggalacang)10.  Maggasing (Aqgasing)  11.  Maggecciq (Aqdatte-datte)12.  Majjekka13.  Maggale (Makkaddaro)14.  Mallanca (Aqlanja)15.  Maqirrong16.  Maqkacalele17.  Mallogo18.  Mammenca (Aqmancaq)19.  Maqdanda (Santo-Santo)20.  Mappuccaq21.  Makkanreppa22.  Mallongaq23.  Mappolo Beceng (Aqkati-katinting)24.  Mantarruq25.  Maqpasilaga Tedong26.  Maqsumpi-sumpiq27.  Maqtebbaq28.  Massalo (Aqsalo)29.  Massilelo30.  Massempe31.  Mappasajang (Aqlayang-layang)32.  Mattojang (Attoweng)33.  Paboboq34.  Rengngeng (Ajjonga35.  Sapinggaq-pinggaq36.  Songko-Songkokang Jangang

Mungkin masih ada permainan tradisional yang sering anda mainkan dimasa anak anak dan remaja dulu yang belum disebut diatas? 

Buku ini sangat bagus untuk dikaji lebih mendalam untuk bahan penelitian tentang tradisi tradisi yang di Sulawesi Selatan, khususnya permainan tradisional. Jika anda ingin membaca buku ini, silahkan datang ke Perpustakaan Abdurrasyid Daeng Lurang di Jl Kenanga 7A pada bagian referensi. Akan sangat bagus jika buku ini dilengkapi dengan alat bantu audio-visual (pandang-dengar) dalam bentuk CD atau DVD atau media audiovisual lainnya. Bagi pemustaka, menggunakan Alat bantu peraga Audio-visual  akan lebih memudahkan memahami informasi semacam ini (permainan Tradisional). 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kuil Hadrian di Kota Kuno Ephesus, Turki

Kuil Hadrian adalah salah satu gedung yang terindah yang masih tersisa di kota kuno Ephesus di   Provinsi Izmir, Turki. Kuil yang terletak d...

Popular Posts