Tuz Golu, Danau Garam, Salt Lake, Turki






 Danau Tuz atau dalam bahasa Turki disebut ‘Tuz Gölü’ adalah salah satu danau garam (Salt Lake) terluas di dunia. Luasnya sekitar 1665 km² dengan panjang 80 km. Danau terluas kedua di Turki. Lokasinya di bagian Provinsi Anatolia tengah, sekitar 150 km di selatan tenggara kota Ankara dan 105 km di bagian utara timur laut kota Konya. Wisatawan yang naik bus dari Konya atau Kapadokya ke Istambul biasanya akan singgah di danau garam ini.

Sepanjang tahun, air garam danau ini sangat dangkal hanya sekitar 0,4 meter. Selama musim panas, danau akan mengering dan memunculkan lapisan lapisan garam setebal 30 cm. Garam dari danau ini memenuhi kebutuhan 63% warga Turki.

Pada pintu masuk ke danau ini, terdapat toko suvenir yang juga menjual berbagai macam kosmetik berbahan dasar garam. Di sekitar danau terdapat 3 industri pengolahan garam yang memproses dan mendistribusikan garam ke seluruh wilayah Turki.

Pada tahun 2001 ‘Tuz Gölü’ dijadikan ‘daerah yang dilindungi’ termasuk seluruh permukaan danau, dan tempat tempat di sekitarnya, terutama karena tempat tersebut adalah tempat sekumpulan burung Flaminggo (Phoenicopterus roseus) dan angsa putih berkembang-biak. Konon kabarnya, zaman dulu burung burung yang terbang diatasnya akan mudah ditangkap karena sayap burung burung tersebut akan terbebani dengan butiran garam yang melengket pada sayapnya menyebabkan mereka tidak bisa terbang tinggi.  (Diterjemahkan dan disarikan dari berbagai sumber / foto: koleksi pribadi)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Issu Kesetaraan Gender tenaga Pendidik Pra-sekolah

Setiap tingkatan pendidikan selalu ada tenaga pendidik atau guru laki laki. Namun ada tingkat pendidikan yang dapat dikatakan hampir pasti t...

Popular Posts