Masjid Ortaköy (Ortaköy Mosque) Beşiktaş, Turki



Masjid Büyük Mecidiye Camii di Beşiktaş, di Istanbul bagian Eropa atau lebih dikenal dengan nama Masjid Ortaköy (Ortaköy Mosque, bahasa Turki: Ortaköy Camii). Berlokasi di tepian selat Bosphorus dekat dari jembatan Bogazici Bridge (Bosphorus Bridge) salah satu jembatan gantung terpanjang di dunia yang menghubungkan Istambul bagian Asia dengan Istambul bagian Eropa. Masjid ini Nampak begitu jelas dan indah disaksikan dari arah selat Bosphorus jika kita mengikuti tour dikapal feri keliling Selat Bosphorus.

Masjid yang beralamat di Mecidiye, Mecidiye Köprüsü Sk. No:1 D:1, 34347 Beşiktaş/İstanbul, Turkey ini pertama kali diresmikan pada tahun 1856 dengan gaya arsitektur Baroque, dirancang oleh arsitek Garabet Balyan dan anaknya, Nigoğayos Balyan dari Armenia. Kedua arsitek ini juga yang mendesain Istana Dolmabahçe (Dolmabahçe Palace) yang letaknya tidak jauh dari masjid ini dan Masjid Dolmabahçe dengan gaya arsitektur Neo-Baroque.

Pembangunan masjid ini atas perintah Sultan Usmaniyah (Ottoman) Sultan Abdülmecid dan pembangunannya antara tahun 1854-1856. Sultan Abdülmecid juga menyumbangkan karya Kaligrafi pada dinding masjid ini, karena beliau memang seorang kalligrafer. Kubahnya awalnya hanya berbahan batubata (brick) dan ketika terjadi gempa bumi tahun 1894, merusak bangunan masjid ini. Juga pernah terjadi kebakaran tahun 1984. Sekarang kubah masjid sudah diganti dengan beton dan beberapa kali direnovasi hingga bentuknya seperti sekarang ini. Ada 2 menara menghiasi masjid ini. (Diolah dari beberapa sumber; wikipedia, goturkey.com. foto: koleksi pribadi dan group Istambul Turkey di FB, dan google image).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tim Pembinaan Perpustakaan Untuk Layanan Lebih Baik

Pembinaan Perpustakaan adalah salah satu upaya pemerintah meningkatkan layanan perpustakaan kepada masyarakat umum, sehingga layanan perpust...

Popular Posts