Tim Pembinaan Perpustakaan Untuk Layanan Lebih Baik



Pembinaan Perpustakaan adalah salah satu upaya pemerintah meningkatkan layanan perpustakaan kepada masyarakat umum, sehingga layanan perpustakaan dapat memenuhi kriteria perpustakaan berstandar nasional. Peran perpustakaan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sangatlah penting, terutama dalam mendorong peningkatan literasi masyarakat melalui penguatan fungsi dan kualitas layanan perpustakaan, baik ditingkat provinsi, kabupaten/kota sampai ketingkat desa.

Pemerintah melalui Perpustakaan Nasional RI akhir akhir ini gencar mempromosikan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Program ini berusaha meningkatkan penguatan literasi masyarakat sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan mereka. Penguatan literasi masyarakat bukan hanya untuk kalangan dewasa saja, tetapi juga bagi anak anak TK, SD, SMP maupun remaja.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan telah membentuk Tim Pembinaan Perpustakaan (TPP) dalam rangka peningkatan kualitas layanan perpustakaan di seluruh wilayah Sulawesi Selatan. Ada 8 (delapan) tim masing masing terdiri dari 10 dan 11 orang anggota. Masing masing tim akan melaksanakan pembinaan di 3 (tiga) kabupaten/kota dan juga membina perpustakaan pada 2 (dua) kecamatan tiap tim.

Adapun jenis perpustakaan yang masuk dalam kerjasama pembinaan yaitu Perpustakaan Perguruan Tinggi, Perpustakaan Sekolah SLTA dan yang sederajat, Perpustakaan Desa dan Kelurahan, dan Perpustakaan Khusus (Instansi). Selain mendata dan membina Perpustakaan, Tim juga akan melaksanakan tugas pendampingan dalam bidang teknologi Informasi (TIK) serta pendataan Karya Cetak (KC) dan Karya Rekam (KR) dan karya elektronik (digital).

Tim 5 Pembinaan Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Selatan telah melaksanakan tugas pertama pembinaan pada lokus Perpustakaan Pendidikan Usia Dini (PAUD TAS/KB) Rusunawa Pannambungan, Kecamatan Mariso, Kota Makassar. Selain anggota tim, kegiatan ini juga melibatkan pustakawan dari Dinas Perpustakaan kota Makassar, para pegiat literasi, dan Duta Baca Sulawesi Selatan.

Lokasi PAUD ini berada di tengah kompleks rumah susun sederhana di kawasan pesisir pantai di Makassar. Aksesnya agak susah, karena melewati jalan yang sempit. Hal ini menyebabkan beberapa anggota tim terlambat datang di lokasi. Meskipun kemajuan teknologi telah digunakan dengan cara berbagi lokasi (share location) melalui piranti lunak google maps, namum tetap saja membingungkan arah yang disebutkan.

Jumlah peserta didik PAUD ini sekitar 50 orang, namun yang hadir hanya sekitar 30 orang. Program pertama yang dilakukan adalah mendongeng (Story telling) oleh pustakawan DPK Sulawesi Selatan dan juga dari Pegiat Literasi. Kami juga membagikan bingkisan makanan ringan (snack) untuk setiap anak anak peserta didik, bernyanyi bersama. Terakhir adalah acara intinya yaitu pembinaan perpustakaan. Perpustakaan PAUD ini memiliki koleksi buku anak anak misalnya buku buku dongeng, kisah kisah nabi, pengenalan huruf, buku membaca menulis dan berhitung (calistung) dan lain lain. Tim kemudian memberikan petunjuk petunjuk teknis pengelolaan perpustakaan kepada pengelola perpustakaan PAUD. Petunjuk teknis tersebut tertuang dalam bentuk instrument yang seragam dari lembaga Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Selatan, sehingga semua perpustakaan binaan akan menerima arahan dan petunjuk teknis yang sama dan seragam.

Program ini nantinya diharapkan akan dapat meningkatkan layanan kepada masyarakat, peserta didik, mahasiswa, ASN dan pegawai lainnya, sehingga kedepannya akan terjadi penguatan literasi menuju terciptanya masyarakat yang sejahtera.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tim Pembinaan Perpustakaan Untuk Layanan Lebih Baik

Pembinaan Perpustakaan adalah salah satu upaya pemerintah meningkatkan layanan perpustakaan kepada masyarakat umum, sehingga layanan perpust...

Popular Posts