Kisah dari Australia; FRANCIS GREENWAY, si Penipu yang diabadikan pada Uang Kertas Australia

Meskipun ada ribuan narapidana dari Inggris yang dibawa (dibuang) ke Australia selama lebih dari 50 tahun sistem hukuman pengasingan, hanya sedikit yang dapat diingat sampai sekarang. Kebanyakan dari mereka telah dilupakan. Apa yang terjadi dengan mereka, kita tidak banyak ketahui. Beberapa diantara mereka ada yang kembali ke Inggris, namun banyak juga yang menetap di Australia dan menjadikan Australia tanahair mereka.
Francis Greenway lahir di Inggris tahun 1777 dari keluarga seniman, arsitek dan pemahat batu. Frnacis sangat ahli dalam bidang bidang ini. Pada usia 28 tahun dia memulai bisnisnya sebagai seorang arsitek dan pemahatbatu, namun beberapa tahun kemudian (1809) bisnisnya bangkrut dan dia harus menjual semua assetnya untuk membayar utangnya.
Beberapa tahun kemudian dia dituduh melakukan penipuan sebesar £ 250,- untuk membayar utangnya. Penipuan itu kemudian dilaporkan dan dipengadilan Inggris dia dihukum dengan hukuman mati. Namun karena dia meminta ampunan dari penguasa waktu itu, akhirnya dia diberi keringanan hukuman yaitu hukum pengasingan ke Australia selama 14 tahun. Meskipun dia awalnya seorang pengusaha, namun dia harus menjalani hidup baru sebagai narapidana di negeri asing yang gersang dan keras.
Ketika Francis tiba di Sydney tahun 1814, dia diberi ‘ticket-of- leave’ yang artinya dia diberi kebebasan untuk mencari pekerjaan sendiri, menjalani hidupnya sendiri dengan usahanya sendiri. Dia kemudian memutuskan memasang iklan dirinya di koran Sydney Gazette untuk menawarkan desain bangunan mulai dari yang sederhana seperti rumah peristirahatan sampai ke rumah mewah (mansion). Dia juga menawarkan diri untuk menggambar desain bagian rumah seperti teras depan, bagian depan toko, perapian, dan ornamen lainnya. Pada tahun 1816 Francis sudah mulai terkenal dan Gubernur New South Wales (Macquarie) waktu itu menunjuknya sebagai Arsitek bangunan Sipil dan Asisten Insinyur. Perjanjian dengan pemerintah harus dipasang di koran lokal dan pengumumannya muncul dikoran pada 13 Maret 1816. Di pengumuman itu disebutkan bahwa Francis harus merencanakan dan mengawasi (supervisi) semua pendirian bangunan pemerintah di Sydney. Ketika Gubernur Macquarie tiba di Sydney tahun 1809, dia menemukan bahwa banyak banguana yang sudah tua dan lapuk dan perlu renovasi. Gubernur merasa kota Sydney memerlukan gedung gedung baru yang menarik karena Sydney sebagai ibukota negara bagian New South Wales. Sebuah bangunan mercusuar harus segera dibangun supaya kapal kapal yang datang aman saat berlabuh. Gubernur Macquarie juga prihatin dengan penjara yang ada di Sydney. Sebuah bangunan barak baru harus segera dibangun untuk para narapidana lakilaki dan perempuan dimana mereka bisa bekerja dan tinggal secara layak. Gubernur juga ingin menghidupkan kegiatan keagamaan di daerah baru tersebut dan memerintahkan membangun sekian banyak gereja. Sebelum dimulai pembangunan, harus ada izin dari pemerintah pusat di Inggris. Francis sebagai seorang arsitek berpengalaman sangat tepat ditunjuk membantu melaksanakan semua rencana Gubernur tersebut. Francis menjadi seorang Arsitek pemerintah dari tahun 1816 – 1822, dia mendesain lebih dari 40 gedung dan mercusuar, barak dan gereja seperti yang diinginkan Gubernur Macquarie
Banyak gedung yang dirancang oleh Francis Greenway masih berdiri kokoh sampai sekarang, meskipun beberapa harus diperbaiki dan direnovasi. Mercusuar juga harus dibangun ulang tahun 1880 karena batu bahan bangunannya mulai lapuk dan membahayakan orang orang disekitarnya. Maka dibangunlah sebuah mercusuar baru yang merupakan replika dari mercusuar lama karya Francis Greenway. Gereja gereja yang dibangun dan didesain oleh Francis juga masih berdiri kokoh sampai sekarang. Tetapi Gereja St. James harus diperbaiki beberapa kali. Gedung pengadilan The Windsor masih digunakan sebagai gedung pengadilan sampai sekarang, dan barak di Hyde Park juga masih digunakan sebagai gedung pusat militer. Gedung Government House masih ada sampai sekarang dan digunakan sebagai bagian dari Conservatorium Musik. Gedung gedung ini mengingatkan kita pada kehidupan seorang narapidana yang memainkan peranan penting dalam sejarah Australia. Tapi masih ada pengingat lainnya. Lembaran uang dollar Australia AU $10 yang digunakan oleh jutaan orang diseluruh Australia menampilkan foto Francis Greenway. (Diterjemahkan dari majalah ORIGIN, sumber gambar: dari web, joseflebovicagallery.com, brisbanetimes.com.au)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tim Pembinaan Perpustakaan Untuk Layanan Lebih Baik

Pembinaan Perpustakaan adalah salah satu upaya pemerintah meningkatkan layanan perpustakaan kepada masyarakat umum, sehingga layanan perpust...

Popular Posts